KPU Batam Pastikan Logistik Pilkada Siap Didistribusikan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 18-11-2015 | 19:28 WIB
mangihut-rajagukguk.jpg
Komisioner KPU Batam, Mangihut Rajagukguk.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam memastikan logistik yang akan digunakan dalam pemilihan kepada daerah sudah siap untuk didistribusikan.

Komisioner KPU Divisi Logistik, Mangihut Rajagukguk saat dijumpai di Kantor KPU Batam Sekupang, mengatakan, semua logistik yang menyangkut kelancaran Pemilu seperti, surat suara, kotak suara, bilik suarat suara, formulir C1 hingga C7, serta formulir C plano siap untuk didistribusikan.

"Distribusi surat suara ke TPS dimulai pada 5 Desember 2015 mendatang baik hinterland maupun mainland," ujar Mangihut, Rabu (18/11/2015).

Mangihut mengatakan, hingga saat ini persiapan KPU sudah mencapai 80 persen, "Semua sudah siap tinggal menunggu bantalan stempel dan lem saja yang sudah dipesan," ujarnya

Mengenai pendistribusian logistik, pihaknya bersama kepolisian akan segera membahas terkait pengawalan  dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Untuk mengantisipasi kecurangan, KPU terus menjalin komonikasi dengan Panwaslu serta kepolisian untuk pengawalan, dan memberikan pelatihan kepada seluruh anggota KPPS.

"Semua penyelenggara pemilu sampai tingkat bawah sudah tahu tugasnya masing-masing, jadi saya jamin tidak ada kecurangan," tuturnya.

Sementara itu, terkait surat suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Lota Batam, hingga pelipatan terakhir KPU menemukan sebanyak 40 surat suara yang rusak. 

Seperti tidak ditemukannya hologram pada surat suara, sobek, dan ada bercak tinta pada gambar paslon. Sebelumnya KPU Batam telah menerima sebanyak 638.954 surat suara untuk Pilwako Batam.

"Kita sudah menginformasikan kepada pihak percetakan terkait kerusakan surat suara, dan kekurangan karena semua menjadi tanggung jawab mereka, secepatnya akan kami proses," pungkasnya.

Editor: Dodo