Diguyur Hujan, Batu Miring di Batam Centre Ini Roboh
Oleh : Hadli
Selasa | 17-11-2015 | 19:45 WIB
batu-miring-ambruk.jpg
Batu miring di sebuah proyek pembangunan perumahan di Batam Kota yang ambruk akibat guyuran hujan. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Batu miring milik pengembang pembangunan rumah di dekat kawasan industri Puri 2000, Batam Centre ambruk akibat curah hujan pada Selasa (17/11/2015) dini hari tadi. Diduga, pembangunan tersebut tidak sesuai dengan standar.

"Pembangunan batu miring ini terlalu tegak. Tentunya ketik hujan daya tampung batu miring tidak mampu menahan tampungan air. Tapi kalau dibangun miring tentu tidak akan roboh," kata Riduan, warga sekitar di lokasi. 

Pantuan di lokasi, tinggi batu miring ini diperkirakan sekitar 10 meter dengan panjang sekitar 50 meter. Bangunan yang roboh sekitar 15 meter. Sementra pada bagian batu miring mengalami retak-retak. Bahkan tahan masih terlihat longsor ke bawah dalam skala kecil. 

Serpihan batu miring yang ambruk, menimbun beberapa pembangunan rumah yang berada di bawahnya. Untuk perumahan ini masih dalam tahap pembangunan. Jika warga sudah ada yang menempati, tentu sangat membahayakan penghuninya. 

"Kalau hujan lagi, apa tak roboh sisa pembangunannya. Sekarang saja sudah retak," kata buruh industri sekitar kawasan tersebut. 

Menurut dia, pembangunan batu miring tersebut sangat membahayakan keselamatan jiwa orang lain. Sebab, konstruksi pembangunan tersebut sangat tidak sesuai. "Kalau begini bentuk membuat batu miringnya, membahayakan sekali," tuturnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha yang berada di sekitar proyek perumahan elit tersebut merasa kecewa dengan lemahnya pengawasan dari pemerintah atau instansi terkait. "Kenapa bisa lolos batu miring yang membahayakan ini?, kemana pemerintah kita. Kenapa lemah pengawasannya," ujarnya.

Dia berharap, pemerintah bisa mengambil tindakan terkait hal ini.

Editor: Dodo