700 Guru Batam Ikut Uji Kompetensi Guru
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 17-11-2015 | 18:57 WIB
muslim_bidin_-_action_(1).jpg
Kadisdik Kota Batam, Muslim Bidin. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam menggelar Uji Kopetensi Guru (UKG) sesuai surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (14/11/2015).


Kadisdik Muslim Bidin mengatakan, pelaksanaan UKG sangatlah penting mengingat guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi.

"UKG merupakan kegiatan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik dalam penguasaan materi oleh guru," ujar Muslim.

UKG di Batam, kata Muslim, sudah digelar sejak Senin (11/11/2015) di beberapa sekolah di Batam. Serta diikuti 700 guru dari tingkat SD,SMP dan SMA sederajat.  

"UKG itu sangat penting karena digunakan untuk memperoleh gambaran informasi pedagogik dan profesional. Sementara alat ukur untuk kemampuan sosial dan pribadi guru menggunakan penilaian kinerja guru," katanya.

Adapun materi yang diujikan dalam UKG, kata Muslim, diantaranya adalah kemampuan pedagogik atau kemampuan mengajar di kelas. Selanjutnya adalah kompetensi profesional yakni meliputi bidang yang diajarkannya di sekolah.

"UKG wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Tapi bagi guru yang belum memiliki NUPTK belum bisa mengikuti Ujian Kompetensi guru ini," pungkasnya.

Editor: Dardani