IJTI Kepri Hadiri Konferensi Internasional Jurnalistik Televisi Asia Pasifik III di Palembang
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 17-11-2015 | 12:19 WIB
logo_ijti.jpg

BATAMTODAY.COM - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia akan menggelar Konferensi Internasional Jurnalistik Televisi Asia Pasifik III di Palembang, Sumatera Selatan. Konferensi itu akan berlangsung di Novotel Palembang selama 3 hari, dari tanggal 19-21 November 2015.

IJTI Pusat menunjuk IJTI Sumsel sebagai tuan rumah, dan telah siap menggelar konferensi bertaraf internasional tersebut. Sebanyak 17 negara Asia Pasific yang sudah mengonfirmasi untuk mengikuti konferensi tersebut. Namun panitia menargetkan 25 negara di dunia yang akan ikut pada ajang bergengsi ini.

"Tema yang diangkat pada konferensi kali ini yaitu 'Jurnalisme Damai untuk Dunia yang Lebih Baik'. Kami mengirimkan 7 orang peserta mewakili 38 anggota IJTI Kepri," kata Saugi Shahab, Ketua IJTI Kepri, Selasa (17/11/2015).

Saugi mengharapkan melalui konferensi Internasional Asia Pasific ini dapat meningkatkan pemahaman para wartawan televisi di Kepri dalam pencarian, penulisan, pengambilan, dan penayangan berita.

"Kita harapkan kegiatan ini memberikan  pemahaman dan nilai tambah bagi para jurnalis televisi di Kepri, khususnya di Batam. Sehingga jurnalis televisi di Kepri memiliki kualitas kerja yang luar biasa dalam konteks jurnalistik damai dengan jurnalis televisi di Asia Pasifik," tambahnya.

Kegiatan akbar ini direncanakan akan dihadiri Presiden Jokowi sekaligus membuka acara tersebut. Beberapa negara yang sudah mendaftar yaitu Jurnalis Televisi Indonesia, Australia, New Zealand, Timor Leste, Japan, Mexico, Korea, RRC, Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam, India, Pakistan, Colombia, Kanada, dan Switzerland.

Pada event ini, juga akan digelar beberapa acara seperti Palembang Initiative Signing atau penandatanganan inisiatif Palembang tanggal 20 November 2015, Konferensi Pers dan Shooting/Field Trip pada tanggal 21 November 2015 serta workshop jurnalisme damai pada 22 November.

Editor: Dodo