Pelarian Tahanan Rutan Batam Sudah Direncanakan Sejak Tiga Minggu
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 16-11-2015 | 16:12 WIB
irhamuddin-baru.jpg
Kepala Rutan Klas IIA Batam, Irhamuddin (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kaburnya 19 tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas IIA Batam ternyata sudah direncanakan sejak tiga minggu sebelum mereka melarikan diri pada Jumat (13/11/2015) lalu. Tak tanggung-tanggung, ada 30 lebih tahanan yang sebenarnya ingin bergabung dalam pelarian ini.

Kepala Rutan Klas IIA Batam, Irhamuddin saat ditemui BATAMTODAY.COM, Senin (16/11/2015) mengatakan, setelah melakukan investigasi kepada ke-13 tahanan yang berhasil ditangkap, masih ada beberapa nama lain yang mau ikut kabur namun tak sempat melarikan diri. 

"Setelah kita periksa ternyata ada banyak yang mau kabur. Sekitar 30-an orang lebih. Dan sudah 3 minggu direncanakan," kata Irhamuddin. 

Ke-enam buronan Rutan hingga H+3 masih dilakukan pencarian. Menurut informasi yang diterima pihak Rutan, buronan tersebut masih berada di daerah sekitar Batam. Mereka juga berencana untuk kabur ke luar Batam, namun belum dipastikan tujuannya.  

"Informasi yang didapat, mereka di Batam. Tujuannya belum jelas, kemungkinan mau ke kampung halaman," terangnya. 

Mendapatkan informasi tersebut, pihak Rutan terus melakukan penyisiran ke tempat-tempat yang dimungkinkan keberadaan mereka. Dijelaskannya, dengan dibantu jajaran Polda khususnya Brimob Polda Kepri melakukan pencarian hingga ke pelosok daerah seperti di Jembatan 6 dan pulau-pulau di sekitar Batam. 

"Sejak pertama sampai sekarang kita kerahkan untuk mencari. Dibantu Polda Kepri terutama dari Brimob,"pungkasnya. 

Sementara itu belasan narapidana kasus narkoba tersebut masih diisolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. ‎

Editor: Dodo