Demo Buruh Berjalan Kondusif, Polri dapat Apresiasi dari Pengusaha Batam
Oleh : Hadli
Senin | 16-11-2015 | 13:45 WIB
hartono-lagi.gif
Kabid Humas Polda Kepri, Ajun Komisaris Besar Polisi, Hartono.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi Mogok Nasional yang dilakukan buruh di Kepri, khususnya Batam selama tiga hari (9-11 November 2015) berjalan aman dan damai. Peran serta Polri dalam pengamamanan mendapat apresiasi dari para pengusaha di Kepri.

Rasa terimakasih itu terwujud dalam pertemuan Kapolda Kepri Brigjen Pol  Arman Depari, Kapolresta Barelang Kombes Asep Safrudin bersama para pimpinan perusahaan kawasan industri Kepri di Golden Prown pada Sabtu, 14 November 2015 lalu. 

Hal itu sampaikan Kabid Humas Polda Kepri Ajun Komisaris Besar Polisi, Hartono. Ia mengatakan, apresiasi dari beberapa ketua yang menjadi perwakilan dari perkumpulan pengusaha (kawasan-kawasan industri, shipyard) terhadap Polri yakni Polda Kepri, Polresta Barelang yang dapat mengamankan unjuk rasa berjalan aman dan nyaman.

"Para pimpinan menyampaikan terima kasih pada pihak Polri yang telah dapat mengantisipasi unjuk rasa pihak buruh di Kepri, Batam berjalan lebih baik," ujarnya, Senin (16/11/2015). 

Hartono mengatakan, untuk antisipasi adanya rencana mogok Nasional yang dilakukan beberapa waktu lalu, para pengusaha sepakat untuk mengikuti sesuai Undang-Undang, dan peraturan yang berlaku terhadap pekerja atau buruh.

"Kalaupun masih adanya kekurangan dalam pengamanan demo buruh, kedepan diupayakan lebih sempurna dan lebih baik lagi," ujarnya.

Kapolda Kepri, kata Hartono menyampaikan, Polri berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat, pelaku usaha, sesuai Nawacita Presiden. Polri menerima keluhan, kekurangan dalam rangka mewujudkan iklim usaha yang nyaman dan aman.

"Polri juga berperan mengakomodir bentuk penyampaian dari pihak pengusaha maupun Buruh sehingga dapat diperoleh suasana yang kondusif dan aman. Dalam menghadapi mogok buruh, Polri melakukan upaya-upaya secara maksimal baik melalui kegiatan preemtif, prepentif maupun penegakkan hukum guna terwujudnya situasi aman," katanya. 

Ia juga mengatakan, dalam upaya Polda Kepri menciptakan kondisi yang kondusif, perlu dukungan semua pihak termasuk para Pimpinan, Ketua, HRD dari masing-masing perusahaan maupun kawasan.

"Adanya kekurangan dalam rangka antisipasi pelaksanaan demo buruh, diperlukan sinergitas semua pihak guna mewujudkan situasi yang tetap aman dan kondusif. Pihak buruh dapat melaksanakan demo dengan baik dan pihak perusahaan dapat beraktivitas dengan lancar," tuturnya.

Editor: Dodo