150 Foto Karya PFI Kepri akan Dipamerkan di Mega Mall
Oleh : Romi Chandra
Senin | 16-11-2015 | 10:18 WIB
PFI.jpeg

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 150 foto hasil karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), akan ditampilkan dalam pameran foto yang akan digelar di Atrium Barat Mega Mall, Batam, selama satu pekan, mulai tanggal 18 hingga 24 November 2015 mendatang.

Selain pameran foto yang bertemakan 'Mata-mata' ini, juga akan diadakan ada seminar foto oleh fotografer profesional dan lomba foto on the spot berhadiah uang tunai, piala dan sertifikat.

"Foto-foto yang dipamerkan ini, merupakan foto kejadian, budaya, esai foto dan foto lanscape, gabungan hasil karya anggota PFI Kepri yang berjumlah sebanyak 48 orang, dan telah lulus lolos seleksi atau kurasi oleh fotografer profesional yang ada di Kepri," kata Ketua Panitia, Tommy Purniawan, Minggu (15/11/2015) malam.

Pembukaan pameran nanti lanjutnya, akan dilaksanakan pada Rabu (18/11/2015) siang dan dihadiri pejabat di Kepri, para sponsor serta pengurus PFI Indonesia. "Selain itu, organisasi wartawan di Kepri seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kepri dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kepri turut hadir. Masing-masing pemimpin redaksi koran harian dan media online yang ada di Kepri juga diundang," terangnya.

Dalam pameran nanti, pengunjung yang berminat bisa membeli foto yang dipajang. Hasil penjualan foto, akan disumbangkan ke orang atau panti asuhan yang sangat membutuhkan uluran tangan. Sebelum pameran ini, PFI juga telah memberikan bantuan kepada korban asap di Pekanbaru.

Dijelaskan Tommy, pihaknya mengundang setiap organisasi jurnalis serta pemimpin redaksi, dikarenakan Anggota PFI Kepri yang berjumlah 48 orang, merupakan pekerja di sejumlah media massa cetak dan online terupdate di Kepri, seperti Batam Pos, Sindo, Tribun, Posmetro, Haluan Kepri untuk media cetak, serta BATAMTODAY.COM untuk media online.

Dilanjutkan Ketua PFI Kepri ini, pada hari Sabtu (21/11) siang, akan ada seminar dan workshop fotografi yang akan dibawakan oleh Ferdy Siregar, dosen fotografi di salah satu kampus Sumatera Utara dan juga editor foto di Koran Analisa. Peserta seminar terbuka untuk umum dan juga pelajar serta mahasiswa. "Mereka yang tertarik di dunia fotografi, diharapkan bisa hadir dalam kegiatan ini," tambahnya.

Sementara lomba foto on the spot dan objek yang akan di foto adalah model tatto serta suasana selama pameran foto, akan digelar pada Minggu (22/11/2015). Penilaian foto diumumkan malam harinya dan pemenang akan mendapatkan piagam, sertifikat dan uang tunai. "Kita akan mengadakan acara ini setiap tahunnya, jadi bagi pencinta fotografi sangat disayangkan melewatkan acara ini, Bravo PFI Kepri," pungkasnya.

Editor: Dodo