Inilah Otak Kaburnya 19 Napi dari Rutan Barelang
Oleh : Harun Al Rasyid
Sabtu | 14-11-2015 | 13:46 WIB
IMG_20151114_131731.png
Inilah penampakan gambar Awi alias Mansur bin Zulkifli, otak kaburnya 19 napi Rutan Barelang. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga H+1 pasca insiden kaburnya 19 narapidana narkoba di Rutan Barelang Batam,  pihak Rutan sudah mengantongi otak dibalik kaburnya titipan polisi dan Kejaksaan Kota Batam itu. 


Kepala Rutan Kelas II A Barelang, Irhammudin, mengatakan, setelah melakukan investigasi dengan mengorek keterangan dari buronan tersebut, ditemukan 2 napi yang diduga menjadi otak di balik aksi tersebut.

"Dalangnya masih simpang siur. Investigasi awal ada dua orang. Satu orang yang masih kabur, atas nama Awi alias Mansur," kata Irham kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (14/11/2015). 

Awi alias Mansur bin Zulkifli, adalah orang yang pertama kali merusak pintu dengan dibantu teman-temannya. Ia juga menjadi inisiator yang mengajak kawanan narapidana tersebut untuk melarikan diri. 

Dari informasi yang diperoleh Irhammudin, melalui keterangan Martinus buronan yang ditangkap tadi malam, Jum'at (13/11/2015), salah satu dalang tersebut masih belum diketahui secara pasti. Kemungkinan besar, kata dia, pelaku termasuk buronan yang masih melarikan diri itu. 

"Satu orang ini belum tahu secara pasti, apakah yang sudah ditangkap atau kah masih buron. Karena tak ada satu pun yang kita konfrontir satu pun tidak ada yang cocok," ujar Irham. 

Sambung Irham, masih dari keterangan Martinus, pembicaraan mengenai proses pelarian tersebut dilakukan di dalam masjid saat shalat Jum'at. Saat itu terdengar oleh Martinus semacam ajakan untuk kabur dari Rutan Barelang. Namun, ia tak mengenali pelaku yang mengajaknya untuk kabur, karena baru dikenalnya. 

"Pembicaraan itu bukan pada saat sebelumnya, tapi pada saat mereka lagi shalat," paparnya. 

Hingga sehari setelah kasus kaburnya para tahanan di Rutan Barelang, sudah 13 orang narapidana yang berhasil ditangkap kembali. 

Editor: Dardani