Kepala BP Batam Sidak Aktivitas Pelayanan di PTSP
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 13-11-2015 | 11:40 WIB
mustofa-ptsp.jpg
Staf di PTSP BP Batam memberikan penjelasan mengenai pelayanan perizinan kepada Mustofa Widjaja. (Foto: Humas BP Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di sela-sela kegiatannya, Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau pelayanan perizinan yang dilakukan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam pada Kamis pagi (12/11/2015).

Didampingi Direktur Promosi dan Humas, Purnomo Andiantono, Kepala BP Batam blusukan ke sejumlah ruang pelayanan di PTSP. Mustofa menyempatkan berbicara dengan petugas maupun dengan customer. 

Ia mengatakan, guna mempermudah pelayanan BP Batam memiliki sitem online dengan program Batam Single Window (BSW) yakni menggunakan tanda tangan elektronik, pemohon akan cepat mendapatkan SK pelayanan perizinan. Dengan tanda-tangan elektronik ini dapat memudahkan menanda tangani SK perizinan dimanapun pejabat terkait berada.

"Pelayanan online Batam Single Window (BSW) harus dipertahankan dan semakin ditingkatkan. Sepeti pelayanan yang ramah, profesional, kecepatan dan ketepatan waktu," ujar Mustofa.

Menurutnya, inspeksi mendadak dilakukan  sebagai komitmen Kepala BP Batam untuk menjaga kualitas pelayanan prima kepada masyarakat sesuai kebijakan pemerintah serta core value BP Batam karena instansi pemerintah wajib hukumnya untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Dengan sidak ini semua karyawan BP Batam dari atas ke bawah akan selalu berusaha disiplin dan menjaga kinerjanya, karena setiap saat bisa disidak pimpinan," tambahnya.

Sedangkan Purnomo Andiantono mengatakan bahwa keberadaan pelayanan perizinan sangat penting. Sebab, masalah perizinan itu menjadi urat nandinya ekonomi masyarakat. 

"Kalau pelayanan perizinannya baik, bebas pungli, profesional, tak berbelit-belit dan tak sulit, maka otomatis kegiatan ekonomi di masyarakat akan berjalan normal dan baik pula," ujar Andiantono.

Selain ke kantor PTSP, Mustofa Widjaya juga sidak ke kantor BKPM, Lalin, Kantor Promosi dan Humas, serta pelayanan pengurusan UWTO di Kantor Pengelolaan Lahan.

Editor: Dodo