Ini Janji Kadisduk Soal Prose E-KTP, 5 Hari Siap!
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 12-11-2015 | 17:43 WIB
IMG_20151111_114112.jpg
Kepala Dinas Kependudukan (Kadisduk) Kota Batam, Mardanis. (Foto: Irwan Hirzal) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Lambatanya pengurusan pembuatan E-Ktp di tingkat kecamatan akhir-akhir terjadi lantaran banyaknya kendala yang terjadi. 


Salah satunya, habisnya kontrak kerja antara Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan PT Indosat. Sehingga percetakan  tiga minggu lalu terkendala.

"Tiga minggu kamarin jaringan rusak dan sedang dilakukan perubahan dari Indosat ke Telkom yang masuk ke Disduk dan kecamatan. Tapi hari ini 10 kecamatan sudah siap," ujar Kadisduk Mardanis kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (12/11/2015).

Namun, terkecuali Kecamatan Galang dan Bulang. Karena interkoneksi dan kerjasama dengan Kementrian berbeda. Hari ini Kecamatan Batuaji juga bermasalah, karena tidak bisa merekam.

"Terakhir informasi jaringan sudah bagus. Tapi di Kecamatan Batuaji input dan masukin data bisa. Tapi merekam tidak bisa. Kemarin mereka (Telkom-red) janji akan membenerkan semua interkoneksinya," katanya.

Kadisduk mengatakan begi masyarakat yang sudah melakukan perekaman pada  bulan Juni- Oktober itu sudah berkasnya sudah siap dan bisa diambil kecamatan. Sekarang tidak ada lagi penumpukan E-Ktp, kalau ada itu data yang bermasalah salah satunya data ganda.

"Banyak warga Batam memiliki dua NIK, jadi saat perekaman ditolak oleh sistem. Sehingga Disduk harus mengajukan  penghapusan melalui Kementrian," katanya.

Meskipun demikian Kadisduk berjanji pengurusan E-Ktp siap dalam waktu lima hari terhitung mulai Senin depan. Ini adalah salah satu arahan dari Wakil Walikota Batam. 

"Sekarang ada 16 oprator. Satu hari bisa nyetak 2.000 KK dan KTP kalau jaringan bagus. Sekarang saya perintahkan pegawai berkerja sejak 08.00-20.00 Wib. Sehingga tidak ada lagi berkas yang menumpuk di Disduk," pungkasnya.

Editor: Dardani