Ada 20 Unit CCTv yang Bakal Dipasang di Batam Pada 2016
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 04-11-2015 | 18:59 WIB
CCTV-Singapore-Slider.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk pemasangan CCTv tambahan, Kominfo Kota Batam sudah menganggarkan pada APBD 2016 unutk pemasangan sebanyak 20 unit di berbagai simpang yang dianggap rawan terjadi kriminalitas.

"Semua simpang yang belum terpasang CCTv, nanti akan dipasang. Yang menganggarkan itu adalah Kominfo. Nanti akan diprioritaskan unuk lokasi yang rawan tindak kriminalitas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Batam, Zulhendri, Rabu (4/11/2015) sore.

Disebutkan Zulhendri, selama ini sebanyak 32 CCTv sudah terpasang di beberapa titik kawasan Batam, yang menggunakan APBN. "Sebenarnya CCTv sudah terpasang dari dulu, dan menggunakan APBN," tambahnya. Baca: Sekupang-Batuaji Jadi Prioritas Pemasangan CCTv di Batam

Namun beberapa kali kejadian seperti di Simpang Jam, yakni kecelakaan antara mobil patroli Polda Kepri yang menewaskan satu orang pengendara, CCTv-nya tidak hidup.

Kondisi ini memang terkendala harus menunggu anggaran dari APBN untuk perbaikannya. "Kita pemerintah kota hanya pemeliharaan. Memang ada beberapa titik yang mati beberapa waktu lalu karena dalam perbaikan. Tapi sekarang sudah berfungsi semua," jelasnya.

Ia juga mengakui bahwa dari Dishub sendiri belum menganggarkan untuk penambahan pemasangan CCTv pada APBD 2016. Namun pada 2017, baru direncanakan untuk penambahan pada empat simpang besar di Kota Batam.

"Yang menganggarkan baru dari Kominfo. Kita pada 2017 nanti akan menambah di empat simpang besar. Pemasangan CCTv dari Kominfo juga dilakukan secara bertahap nanti," pungkasnya.

Editor: Dodo