Diisukan akan Hengkang

BKPM Tinjau Perusahaan Jepang di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 04-11-2015 | 11:30 WIB
bkpm-perusahaan-jepang.jpg
Kepala BKPM Franky Sibarani, didampingi Kepala BP Batam Mustofa Widjaja saat mengunjungi PT Sumitomo Wiring System Batam (SWSBI) di Batam. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kunjungi PT Sumitomo Wiring System Batam (SWSBI), salah satu perusahaan asal Jepang yang beroperasi di Batam.

Kepala BKPM Franky Sibarani, yang didampingi Kepala BP Batam Mustofa Widjaja, mengatakan, kedatangannya ke Batam tersebut ingin mengklarifikasi terkait rencana hengkangnya perusahaan investor dari Jepang tersebut.

"Jepang merupakan salah satu negara yang aktif. Karena itu ketika mendapatkan informasi mereka akan hengkang, BKPM aktif klarifikasi," kata Franky di PT SWBI, Rabu (4/11/2015).

Menurutnya, kabar akan hengkangnya perusahaan asing tersebut tidaklah benar, karena BKPM sendiri mendapatkan laporan bahwa penanaman modal asing (PMA) PT SWBI akan melakukan ekspansi senilai USD 5 juta dan menyerap lebih dari 1.500 tenaga kerja baru.

"Rencana tersebut, tentu harus disambut baik dan harus diapresiasi," ujarnya.

PT SWSBI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri peralatan listrik, dan produk yang dihasilkan adalah wire harnes. Realisasi investasi perusahaan berdasarkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) semester I tahun 2015 tercatat sebesar Rp 201 miliar.

Selain berkunjung ke PT SWSBI, Franky juga mengadakan pertemuan tertutup dnengan para pengusaha dan investor yang berada di Kawasan Industri Batamindo Mukakuning.

Editor: Dodo