Berikut Tips Menghindari Tindak Kejahatan Terhadap Anak
Oleh : Roni Ginting
Senin | 02-11-2015 | 17:26 WIB
pelecehan_seksual.jpg
Ilustrasi kekerasa terhadap anak. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Maraknya aksi kejahatan terhadap anak kerap terjadi belakangan ini di Batam, telah menyebarkan rasa takut dan khawatir para orang tua. Berikut ini tips menghindari tindak kejahata terhadap anak. 

Dalam seminar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) dan Badan Pengusahaan Batam, Sabtu (31/10/2015), kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala mengatakan, untuk menangkal kekerasan sangay penting adanya kepedulian masyarakat. Orangtua juga diminta untuk menjadikan rumah sebagai tempat yang aman bagi anak.

"Orang tua harus mengajarkan mereka berani berkata tidak. Bicara tidak untuk orang yang tidak dekat," kata Adrianus.

Orang tua juga diminta untuk mengajarkan kepada anak agar berteriak saat orang lain yang mencoba untuk memegang organ vital.

"Kepedulian harus diciptakan juga dilingkungan. Karena sekarang, masyarakat kurang peduli lingkungan. Dulu, kalau ada masuk kampung, langsung ditanya. Sekarang, tidak peduli," cetusnya.

Sementara itu, Ketua ILUNI (Ikatan Alumni UI) Kepri, Rekaveny mengatakan, perlunya digelar seminar karena rasa prihatin atas meningkatnya angka kejahatan terhadap anak di Kepri, khususnya di Batam.

"Kita gelar seminar ini, karena kita prihatin dengan kejadian kekerasan anak belakangan ini. Bersyukur, karena pelaku sudah tertangkap . Semoga, kita sama-sama peduli,"‎ kata Rekaveny.

Sementara Deputi BP Batam, Fitrah Kamaruddin ‎mengatakan, kepedulian dengan sesama itu, sangat penting. Terlebih, di Batam ada sekitar 35 ribu orang masuk lewat bandara dan pelabuhan. Selain itu, ada 34 sampai 35 ribu keluar Batam. 

"Dengan tingginya angka keluar masuk orang di Batam, maka berpotensi kejahatan termasuk kejahatan terhadap anak," ujar Fitrah.

Editor: Dardani