Wali Kota Ahmad Dahlan Sebut Gelper Tak Dikategorikan sebagai Perjudian
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 31-10-2015 | 12:56 WIB
dufan1.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan menilai maraknya gelanggang permainan (Gelper) di Batam karena memang dalam peraturan pemerintah tidak dikategorikan sebagai perjudian.

Dalam peraturan, Dahlan menegaskan, yang dilarang dalam gelper yakni ketika menyimpang dari apa yang telah ditentukan dan ada permainan menggunakan uang.

"Gelper memang tidak masuk dalam kategori perjudian, kalau ada (taruhan-red) uang di sana baru itu yang dilarang," tegas Dahlan, Sabtu (31/10/2015).

Dahlan membantah bahwa Dinas Pariwisata (Dispar) selaku yang melakukan verifikasi mesin gelper tidak ada koordinasi yang baik dengan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) selaku pihak yang mengeluarkan izin.

Menurutnya, setiap minggu Pemerintah Kota Batam selalu melakukan rapat koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait permasalahan yang ada, begitu juga dengan gelper.

"Jangan bilang tak ada koordinasi yang baik. Saya akan panggil keduanya nanti masalah gelper," kata Dahlan sambil meninggalkan wartawan.

Sebelumnya, arena permainan elektronik untuk anak dan keluarga bernama Dunia Fantasy, yang berada di Nagoya Hill, saat ini mulai beralih fungsi menjadi gelanggang permainan orang dewasa. Bahkan, permainan anak-anak terindikasi hanya kedok.

Pantauan di lokasi, arena permainan yang izinnya memang diberikan sebagai tempat percontohan permainan anak-anak dipajang di depan. Namun saat masuk ke dalam, dipenuhi mesin-mesin permainan seperti yang sering diamankan kepolisian karena disalahgunakan untuk berjudi, seperti ikan-ikan dan lain sebagainya.

Salah seorang pemain, Jhon, saat ditanya BATAMTODAY.COM, mengatakan, bermain di Dunia Fantasy cukup aman, karena tidak pernah dirazia. Berbeda dengan gelanggang permainan lainnya yang saat ini juga mulai marak beroperasi.

"Setahu saya di sini izinnya resmi. Kalau meain-mesin ini sekarang sudah banyak, sejak gelper di lokasi lain banyak yang buka. Di sini main aman, tak ada razia," kata Jhon, Senin (26/10/2015) siang

Editor: Dodo