Tiga Rumah di Punggur Dalam Terendam Banjir
Oleh : Hadli
Jum'at | 30-10-2015 | 16:35 WIB
banjir-punggur.jpg
Warga menjemur perabotan setelah rumah mereka terendam banjir, dini hari tadi. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan lebat pada Jumat (30/10/2015) dini hari tadi membuat tiga rumah warga di Kampung Tua Dalam Punggur terendam banjir. 

"Hujan pukul 01.00 WIB tadi langsung merendam rumah kami. Saat itu listrik juga padam," kata anak keluarga Muklis, salah satu penghuni rumah saat ditemui di lokasi. 

Perabotan rumah tangga seperti kasur, Tv, lemari dan semuanya habis terendam setengah meter air. Pada pagi tadi, tambahnya air terpaksa disedot menggunakan mesin.

"Habis semua (prabotan) terendam. Ini baru aja siap disedot airnya. Tadi tinggi banjirnya sampai segini, setelah lutut orang dewasa," katanya sambil menunjuk lutut sebagai batas garis air yang meredam rumah. 

Rumah yang terendam banjir itu merupakan rumah panggung yang sudah berdiri puluhan tahun silam.

Banjir ini diyakini warga akibat reklamasi pantai yang berlangsung di sekitar rumah mereka. Reklamasi membuat daratan sejajar dengan dasar rumah. Namun, bagian panggung rumah dibiarkan. Sehingga, bila terjadi hujan air naik hingga merendam rumah. 

"Rumah sebelah terpaksa di panggil beco tadi, tanahnya ditarik agar airnya mengalir. Kalau tidak akan banjir terus," katanya. 

Pantuan BATAMTODAY.COM, warga masih terlihat menyelamatkan prabotan miliknya ke luar rumah. Terlihat TV, kasur, pakaian dan lainnya yang berhasil diangkut. Warga menghawatirkan bila terjadi hujan lagi, kejadian serupa akan kembali dirasakan.

Editor: Dodo