Selain Bandara Hang Nadim, BP Batam Juga akan Kelola Pelabuhan Laut
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 27-10-2015 | 13:13 WIB
mustofa-widjaja-batamtoday.jpg
Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja.

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain Bandara Hang Nadim Batam, ke depan pelabuhan laut juga akan dikelola secara mandiri oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, mengatakan, tahun 2014 lalu telah keluar Peraturan Pemerintah tentang Hang Nadim Batam merupakan satu-satunya pelabuhan udara di Indonesia yang tidak dikelola Angkasa Pura. 

"Ke depan, pelabuhan laut tidak lagi dikelola oleh Pelindo, melainkan BP Batam," kata Kepala BP Batam Mustofa Widjaja saat syukuran Hari Bakti BP Batam ke 44.

Untuk itu seluruh pegawai BP Batam diminta untuk selalu introspeksi tentang program-program yang telah ditetapkan. "Introspeksi mana program yang telah dicapai dan program yang belum tercapai," ujarnya.

Diketahui, pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam telah ditetapkan pengelolaannya secara mandiri oleh BP Batam. Hal tersebut dipastikan setelah Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pengelolaan bandara.

"Kabar gembira untuk kita semua, informasi dari sekretariat negara bahwa PP pengelolaan bandara oleh BP Batam telah ditandatangani bapak Presiden," kata Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, dalam sambutan Halal bi Halal BP Batam, Selasa (5/8/2014).

Artinya, lanjut Mustofa, Hang Nadim satu-satunya bandara yang tidak dikelola Angkasa Pura melainkan BP Batam. "Selamat, tapi ini amanah, bukan untuk sok-sokan. Khusus untuk landasan hukum, tentu masih membutuhkan turunan dari PP tersebut," terangnya.

Sehingga semua bagian meski membenahi mulai dari kepegawaian, keuangan dan strukturnya. BP Batam berkewajiban untuk  melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. "Ini amanah dari pemerintah pusat, sehingga harus kita pertanggungjawabkan," kata Mustofa.

Editor: Dodo