Kloter 14 Debarkasi Batam Kembali ke Tanah Air, 17 Jemaah Dinyatakan Jadi Korban Tragedi Mina
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 16-10-2015 | 17:10 WIB
jemaah-haji-debarkasi-batam.jpg
Rombongan Kelompok terbang (Kloter) 14 Debarkasi Batam asal Provinsi Kalimantan Barat saat tiba di Asrama Haji Batam, (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kelompok terbang (Kloter) 14 Debarkasi Batam asal Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sudah kembali ke Indonesia.

Ketua Kloter 14 Joko Winardi menyampaikan bahwa 17 jemaah dinyatakan meninggal dunia akibat tragedi Mina di Tanah Suci.

"Jumlah jemaah yang kembali saat ini berjumlah 431 dari jumlah sebelumnya yang berangkat yaitu 448 jemaah," kata Joko saat melaporkan di Asrama Haji Batam Center, Jumat (16/10/2015).

Joko menceritakan perjalanan ibadah haji di Tanah Suci berjalan lancar namun memang ada dua tragedi besar yaitu tragedi crane dan tragedi Mina yang merenggut banyak nyawa jemaah haji.

Sementara itu, Ketua PPIH Debarkasi Batam Marwin menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya atas tragedi Mina menimpa kloter 14 Debarkasi Batam.

"Mudah-mudah keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan atas musibah ini," katanya.

Marwin juga menyampaikan dengan sudah kembalinya jemaah haji di Batam, PPIH Debarkasi Batam langsung menyerahkan kembali kepada Kantor Kementertian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Para jemaah haji akan dipulangkan ke Kalbar esok hari. "Malam ini para jemaah istirahat di Asrama Haji Batam," jelasnya.

Editor: Dodo