Tidak Hanya Jadi Pembina Upacara, Polisi Juga Beri Penyuluhan di Setiap Sekolah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 16-10-2015 | 12:58 WIB
kapolresta-asep-sma1.jpg
Kapolresta Barelang, Kombes Asep Safrudin saat memberikan pengarahan kepada siswa SMA Negeri 1 Batam beberapa waktu lalu. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM).

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya menjadi pembina upacara setiap hari Senin, pihak kepolisian di Batam juga akan melakukan penyuluhan di setiap sekolah tingkat SMP dan SMA untuk memberi pemahaman mengenai bahaya kriminalitas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim bidin mengatakan kegiatan ini dilakukan agar para siswa mengerti dan memahami serta bertindak apabila dalam kondisi bahaya atas tindakan kriminal yang akhir-ahir ini menimpa para remaja.

"Khususnya kriminal di jalan, agar mereka (siswa-red) memahami pentingnya menjaga diri serta keselamatan dalam berkendara," ujar Muslim Bidin, Jumat (16/10/2015).

Kata Muslim, nantinya pelajar akan mendapatkan bimbingan secara langsung dari jajaran Polresta Barelang seminggu satu kali pada hari Kamis dengan turun langsung ke sekolah.

"Jadwalnya belum ada. Tapi akan ada bimbingan dari kepolisian setiap hari Kamis. Sehingga segala pengetahuan baik secara hukum serta kriminalitas yang harus dimengerti siswa agar dapat lebih waspada," kata Muslim.

Muslim berharap jika kegiatan ini berjalan siswa/siswi sekolah di Batam akan lebih memahami seperti apa ‎cara dan upaya siswa untuk menghindari kejahatan, khususnya di jalanan.

"Polisi juga akan melakukan razia langsung di sekolah mengenai siswa yang membawa kendaraan. Khususnya sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat STNK dan SIM," ujarnya.

Hal itu agar menilimalisir para siswa agar tidak membawa kendaraan ke sekolah sehingga keselamatan para pelajar terjamin. "Lebih baik diantar oleh orang tua, keselamatannya lebih terjaga dibanding membawa kendaraan sendiri," pungkasnya.

Editor: Dodo