Peringatan 1 Muharam Sederhana Ala Warga Perumahan Bambu Kuning Batuaji Batam
Oleh : CR12
Rabu | 14-10-2015 | 15:41 WIB
IMG00131-20151014-0750.jpg
Ibu-ibu Majelis Ta'lim Raudhatul Jannah saat pawai mengelilingi komplek Perumahan Bambu Kuning Puskopkar Batuaji. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Berbagai perayaan dan acara menyambut tahun baru Islam dimeriahkan dengan berbagai acara. Salah satunya pawai keliling kompleks perumahan. 


Kegiatan itulah yang dilakukan oleh warga Perumahan Bambu Kuning Puskopkar, Rabu, (14/10/2015). Meski sederhana, namun makna yang coba disampaikan cukup mengena.

Wagimin, Ketua Panitia Pelaksana Hari Lahir (Harla) Islam Semarak 1 Muharam 1437 Hijiriyah mengatakan, acara ini dimaksud sebagai syiar Islam. Mencoba kembali membudayakan dan mengingatkan seluruh umat Islam, bahwa pada 1 Muharam adalah tahun baru Islam. 

Peringatan Tahun Baru Islam bertepatan dengan 14 Oktober 2015 harus mampu membawa kesadaran kita terhadap makna sesungguhnya yakni peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

"Kami buat acara sederhana saja, dengan pawai keliling perumahan. Ini sebagai siyar Islam, mengingatkan kembali umat Islam bahwa ini loh tahun baru kita. Harus menjadi budaya umat Islam bang, kalau jaman sekarang orang-orang sudah pada lupa. Padahal maknanya besar, tanggal 1 Muharam itu saat nabi hijrah," jelas Wagimin.

Kegiatan yang mulai pukul 08.00 WIB diikuti oleh 23 grup dari berbagai instansi, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar (SD), Majelis Ta'lim (MT), Tempat Pengajian Al-Qur'an (TPA), Tempat Pengajian Qiro'ah (TPQ) dan Remaja Masjid. 

Pawai tersebut dimulai dari Masjid Attaubah, kemudian melewati perumahan warga menuju Masjid  Darul Ikhsan dan berakhir di Masjid Al-Mujahiddin. Setelah di Masjid Al-Mujahiddin, akan ada perlombaan khusus untuk anak-anak TPA, TPQ, SD dan MI yakni lomba cerdas cermat, Hafid Al-Qur'an dan lain-lain.

"Ada 23 grup yang ikut pawai, mulai dari TK, MI, SD, Majelis Ta'lim, TPA, TPQ dan Remaja Masjid. Pawai dari Masjid Attaubah, Darul Ikhsan dan berhenti di Masjid Al-Mujahiddin. Nanti disana ada lomba cerdas cermat, hafidz dan lain-lain. Hadiahnya sederhana saja, buat hiburan saja sih," tutur Wagimin.

Dari pantauan BATMTODAY.COM, beberapa ibu-ibu Majelis Ta'lim dengan balutan busana muslim menyanyikan shalawat nabi dengan membawa spanduk dengan tema berbeda. Misalnya, MT Maratus Shaleha dengan tema, "Selamat Tahun Baru Islam 1437 H". 

MT Miftahul Jannah dengan tema, "Jangan Biarkan Waktu Berlalu Tanpa Amal". MT Raudhatul Jannah dengan tema, "Mari Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiya". 

Suasana terlihat berbeda dengan arakan pawai ala TK Darul Ikhsan. Bocah-bocah cilik ini hanya memegang tasbih sambil memgumandangkan bacaan shalawat nabi. Dengan tenang pemandu pawai menggiring beberapa anak untuk masuk kedalam barisan agar terlihat rapih.

Ibu Yani salah satu peserta MT Raudhatul Jannah mengharapakn dengan diadakanya acara seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan antar warga. Karena dengan adanya acara tersebut, semua ibu-ibu MT yang ada di perumahan Bambu Kuning saling bertatap wajah.

"Semoga acara ini bisa mempererat tali silahturahmi, kami jadi saling kenal dengan ibu-ibu dari Majelis Ta'lim yang lainnya bang. Pokoknya kompak deh mas," tutur Yani.

Rencanaya, acara tersebut akan ditutup dengan takbir akbar pada hari Sabtu, (17/10/2015) yang akan dihadiri Ustadz Muhammad Yahya Waloni dari Jakarta.

"Nanti ada takbir akbarnya juga loh. Pas malam minggu nanti. Datang yah bang," timpal Ibu Ira.

Editor: Dardani