Jangan Biarkan Anak di Bawah Umur Bawa Kendaraan Bermotor
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 02-10-2015 | 12:12 WIB
muslim-bidin-baru.jpg
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya anak di bawah umur yang menjadi korban kecelakaan atau juga kriminalitas di Batam disebabkan juga karena kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan bahwa orangtua mempunyai peran penting untuk melakukan pengawasan kepada anak-anaknya. "Sekolah saya rasa tidak cukup untuk mengawasi anak-anak. Apalagi sudah bukan jam sekolah," kata Muslim, Jumat (2/10/2015).

Muslim mencontohkan anak di bawah umur yang yang membawa kendaraan sendiri ke sekola. Larangan itu sudah berulang kali disampaikan kepada orangtua atau wali murid. Namun kenyataan yang ada, orangtua sendiri enggan untuk mendukung larangan itu sehingga saat ini banyak siswa yang sudah membawa kendaraan sendiri ke sekolah.

"Sudah dari dulu sebenarnya kita larang, surat juga sudah sering kita sampaikan tapi orang tua sendiri banyak alasan sehingga tidak mau melarang anaknya," kata Muslim.

Menurutnya perlu kesadaran dari orang tua terkait bahayanya anak-anak yang belum cukup umur mengendarai kendaraan bermotor. Disinggung terkait bus sekolah, Muslim mengatakan bahwa saat ini Pemko Batam hanya menyediakan untuk wilayan hinterland.

"Baru hinterland, kalau disetujui mungkin juga akan kita ajukan untuk di Kota," ujarnya.

Editor: Dodo