Asap Berkurang, Jadwal Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam Normal Kembali
Oleh : Hadli
Rabu | 30-09-2015 | 09:44 WIB
konter_garuda_di_hang_nadim-3-5-2015.jpg
Aktivitas penumpang di Bandara Hang Nadim Batam kembali normal. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalur penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah kembali normal, setelah sebelumnya sejumlah pesawat dilarang terbang dan mendarat akibat jarak pandang di Batam terbatas. 

"Penerbangan sudah normal, hanya beberapa jam terkendala akibat kabut asap. Saat ini jarak pandang sudah diatas 1.500 meter," ujar Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso ditemui di loby kedatangan Bandara Hang Nadim, Selasa (28/9/2015). 

Pesawat Garuda Indonesi, Lion Air serta Citilink pada Selasa pagi menglami gangguan kabut asap saat hendak mendarat di Hang Nadim. Pesawat tersebut dialihan pendaratannya di Bandara Kualanamu, Medan. 

"Tiga pesawat itu sama-sama dari Jakarta yang dialihkan ke Kualanamu Medan sudah mendarat siang tadi di Hang Nadim Batam, setelah jarak pandang sudah di atas 1.500 meter. Termasuk pesawat linnya sat ini penerbnagan sudah dibuka," tuturnya kembali. 

Kondisi yang sama juga terlihat di Pelabuhan Telaga Punggur. Kapal tujuan Tanjung Uban, Kabupaten  Bintan, Tanjung Pinang serta Dabok yang sempat ditutup, kini sudah kembali dibuka oleh Sahbandar Telaga Punggur sekitar pukul 14.20 WIB. "Pelayaran sudah kita buka, sekarang jarak pandang sudah 1800 meter. Sudah bisa untuk pelayaran," kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal saat ditemui dipelabuhan. 

Pihak Syahban Telaga Punggur pada pagi hari menutup seluruh pelayaran. Kabut asap kebakaran hutan wilayah Sumatra daratan menurunkan jarak pandang hingga dibawah  300 meter. 

Masih terkait dengan kabut asap kiriman asal kebakaran Sumatra daratan yang melanda Batam pada Selasa hari ini. Pada pagi, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam menyatakan ISPU di Batam sudah diambang sangat berbahaya untuk pernafasan. 

"Nilai ISPU masih naik turun, pagi pukul 10.00 WIB sempat naik 257, pada sore hari pukul 04.00 WIB kembali turun, 124 SI, tapi masih dilevel tidak sehat," kata Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi Purnomo kepada media ini singkat.

Tapi syukurlah, pada pukul 18.10 WIB, posisi ISPU membaik 164. 

Editor: Dardani