Warga Rusun Bida Kabil Diajari Cara Tanggulangi Kebakaran
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 26-09-2015 | 13:37 WIB
simulasi-kebakaran-kabil.jpg
Instruktur dari Subdit Penanggulangan Bahaya Kebakaran BP Batam saat memberikan pelatihan kepada warga Rusun Bida Kabil.

BATAMTODAY.COM, Batam - ​Untuk memberikan rasa keamanan dan ketentraman kepada seluruh warga rusun bida kabil khususnya dalam menanggulangi bahaya kebakaran, Direktorat Pengamanan yang membawahi Subdit Penanggulangan Bahaya Kebakaran mengadakan pelatihan dasar penanggulangan dan pencegahan bahaya kebakaran yang diadakan di Rusun Bida Kabil, Sabtu (26/9/2015).

Adapun jumlah personil yang ditugaskan berjumlah 4 orang personil dari Direktorat Pengamanan Subdit Penanggulangan Bahaya Kebakaran BP Batam dengan menggunakan bantuan alat pengaman kebakaran yaitu alat semprot fire extinguisher serta karung yang berfungsi untuk mematikan kobaran api.

Darsan selaku instruktur PBK BP Batam menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat yang tentunya belum mengetahui bagaimana langkah-langkah dasar dalam mengatasi bahaya kebakaran dan juga evakuasi apabila hal tersebut terjadi menimpa kita atau di lingkungan sekitar kita.

"Kita tidak akan pernah menduga kapan akan terjadi kebakaran tersebut. Oleh karena itu kita disini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai penanggulangan bahaya kebakaran baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan," kata Darsan.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Direktorat Pengamanan BP Batam dalam memberikan kenyamanan kepada seluruh penghuni warga rusun bida kabil yang berjumlah lebih dari 400 orang warga.

"Ini juga untuk menjaga aset BP Batam sehingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat," terangnya.

Darsan menuturkan bahwa latihan pemadaman kebakaran juga akan dilaksanakan di tempat yang berbeda akan tetapi tetap di lingkungan rusun, yaitu di rusun Mukakuning, Kabil, Batuampar dan Sekupang yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Ali Irianto selaku Kasubdit Pemanfaatan Hunian yang didampingi oleh para staf dari Direktortat Pemanfaatan Aset serta beberapa warga yang turut berpartisipasi dalam simulasi pemadaman.

Editor: Dodo