DPRD Minta Pembalak Liar di Batam Ditindak Tegas
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 22-09-2015 | 18:20 WIB
iman_sutiawan.jpg
Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Iman Sutiawan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembalakan liar yang marak terjadi dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab di hutan lindung dituding menjadi salah satu penyembab terjadinya krisis air di Batam.

Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Iman Sutiawan meminta agar Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota Batam berkoordinasi menyeret para pelaku pembalakan tersebut ke ranah hukum.

"Jangan ditangkap kemudian dilepaskan dan alat buktinya saja yang diamankan. Harus dihukum intinya," kata Iman, Selasa (22/9/2015).

Karena menurutnya selama ini tidak ada tindakan yang tegas sehingga para pelaku pembalakan tidak mempunyai rasa jera untuk kembali melakukan illegal logging.

Selain illegal logging, perkebunan liar dan juga tambang pasir ilegal, Iman katakan juga harus ikut ditindak karena menurutnya itu juga yang menjadi salah satu penyebab turun drastisnya stok air di dam.

"Mungkin kelihatannya sepele, tapi dampaknya sudah kita rasakan bersama sekarang ini," jelasnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Batam itu juga menyampaikan agar PT Adhya Tirta Batam (ATB) juga membantu menjaga dam yang selama ini menjadi andalan warga Batam tersebut.

"ATB juga harus membantu, mungkin seperti penanaman pohon atau kegiatan lainnya yang dapat menjaga resapan air," pintanya.

Editor: Dodo