Kabut Asap Selimuti Batam, Jarak Pandang 1.800 Meter
Oleh : Hadli
Jum'at | 11-09-2015 | 08:19 WIB
kabut_asap.jpg
Kabut asap yang menyelimuti Batam pada Kamis (10/9/2015) kemarin. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jarak pandang wilayah Batam pada Kamis (10/9/2015) sore kemarin semakin menurut akibat kabut asap kebakaran hutan di wilayah Sumatra. Jarak pandang hanya berkisar 1.800 meter.

"Asap saat ini semakin menebal. Jarak pandang 1,8 kilometer," kata Tri Agus, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Kamis sore.

Menurutnya, asap kiriman dari Sumatra yang berdampak pada wilayah Batam berasal dari Palembang dan Jambi. Untuk Batam sendiri tidak ada titik api. Karena angin berhembus dari barat daya. 

Sementara potensi hujan lokal yang terjadi di Batam sangat tipis untuk mengurangi kabut asap. Kabut akan hilang atau berkurang bila kebakaran di Sumatera dapat segera diatasi.

"Kalau kebakaran di Sumatra tidak bisa diatasi, Batam akan terus diselimuti kabut asap. Jadi, Batam amat tergantung dari angin dan kondisi di Sumatera," jelasnya.

Namun demikian, menurut Tri Agus, kabut asap yang melanda Batam masih aman untuk penerbangan dan pelayaran. "Beruntung, sejauh ini penerbangan masih normal. Pelayaran masih bisa meskipun diimbau agar hati-hati," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam menympikan, Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) akibat kabut asap kiriman dari Sumatra daratan sudah mencemari udara di Batam.

(Baca: Kualitas Udara Batam Sudah Tak Sehat Akibat Kabut Asap). (*)

Editor: Roelan