Kabut Asap Selimuti Batam, Dinkes Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 05-09-2015 | 15:57 WIB
kadis_kesehatan_batam.jpg
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Chandra Rizal

BATAMTDOAY.COM, Batam - Akibat kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Sumatera membuat beberapa kota terselimuti kabut asap. Begitu juga Kota Batam yang sudah mulai terkena dampak asap kabut kiriman dari kebakaran hutan di Jambi dan Riau tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Chandra Rizal, mengatakan, Kota Batam sudah mulai mendapatkan kiriman asap dari beberapa titik kebakaran hutan di Pulau Sumatera.


"Sampai saat ni Alhamdulilah, untuk Batam belum pada taraf yang mengkhawatirkan," katanya, Sabtu (5/9/2015).

Dia menjelaskan, yang mengkaji kabut asap itu berbahaya atau tidak yakni Balai Teknis Kesehatan Lingkungan (BTKL) yang kemudian diteruskan oleh Dinkes Batam untuk disampaikan ke masyarakat. Bahkan sampai hari ini, Chandra belum mendapatkan surat peringatan dari BTKL.

Kendati belum pada taraf yang mengkhawatirkan, namun Chandra tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah.

"Usahakan juga kalau keluar rumah pakai kacamata dan masker. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan karena kabut asap kan bisa menyebabkan ISPA (Infeksi Salauran Pernapasan Akut)," imbuhnya.

Editor : Udin