BP Batam Promosikan Potensi dan Keunggulan Investasi ke Pengusaha Eropa
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Rabu | 02-09-2015 | 14:28 WIB
promosi-bp.jpg
Suasana Bisnis Forum “Batam Investment Breakfast Workshop 2015" yang digelar BP Batam untuk mempromosikan wilayah perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam ke pengusaha Eropa di Jakarta.

BATAMTODAY.COM - Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerja sama dengan EIBN (EU-Indonesia Business Network) menggelar Bisnis Forum “Batam Investment Breakfast Workshop 2015" mempromosikan wilayah perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam ke pengusaha Eropa di Jakarta.

EIBN merupakan wadah atau komsorsium kerja sama tempat berkumpulnya perwakilan asosiasi bisnis/komunitas bisnis asal Negara-negara Eropa (BritCham, EKONID, IFFCI, INA, EUROCHAMBERS, CCI Barcelona, Euro Cham Indonesia) yang tergabung dalam sebuah proyek yang dibiayai oleh Uni Eropa dimana EIBN akan fokus untuk mempromosikan Indonesia ke Negara-negara Uni Eropa sebagai Negara yang memiliki potensi untuk melakukan kegiatan perdagangan dan investasi serta juga untuk mendukung aktivitas bisnis negara-negara Eropa di Indonesia.  
 
Selain itu EIBN juga memiliki program untuk berkontribusi secara efektif dalam mendukung dan menarik bisnis para calon investor dari Uni Eropa terutama SME (Small Medium Enterprise) yang bertujuan untuk mengembangkan usahanya dan gerbang menuju wilayah ASEAN.
 
Kegiatan forum bisnis tersebut di buka oleh Jan Ronnfeld selaku Managing Director EKONID (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman). Ia mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu tujuan investasi di wilayah Asia bagi para pengusaha eropa yang tergabung dalam EIBN.

"Dengan kegiatan ini Batam tentunya akan semakin dikenal oleh para pengusaha asal Eropa," katanya.
 
Sedangkan Wakil Kepala BP Batam Jon Arizal memperkenalkan Batam kepada seluruh tamu undangan dengan menjelaskan berbagai potensi serta keunggulan yang dimiliki oleh Batam sebagai kawasan industri dan investasi yang terbaik di wilayah Asia Tenggara.
 
BP Batam bersama-sama dengan EIBN menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Eddy Satriya yang menjabat sebagai Asisten Deputi ICT (Information and Communication Technology) and Utilities di Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang memberikan pemaparan
mengenai kebijakan masa depan di FTZ Batam “Future policies to facilitate investments in Batam Free Trade Zone”, dan Aloysa Endang Wahyuningsih selaku Direktur Promosi Fasilitas Daerah Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM yang memberikan pemaparan mengenai keuntungan berinvestasi di Batam “Advantages of setting up a business in Batam and key sector investment opportunities”, serta Mr. 
Thomas Wevelsiep sebagai Senior Director & CEO PT Infineon Technologies Batam dan Mr. Guido Mauthe yang menjabat sebagai Presiden dan CEO PT Epcos Indonesia Batam yang hadir untuk menceritakan cerita sukses (success story) mengenai "Batam to become a top quality location for manufacturing industry and logistics".

Dalam kegiatan forum bisnis tersebut yang di hadiri lebih dari 100 orang peserta dari berbagai perwakilan perusahaan maupun asosiasi dari Negara-negara Eropa yang dilaksanakan pada 2 September 2015 di Hotel Intercontinental Jakarta MidPlaza.  
 
Dalam sesi tanya jawab para peserta memberikan tanggapannya mengenai upaya, keunggulan dan fasilitas yang dimiliki oleh Batam dalam menarik para calon investor baru khususnya dari Negara-negara eropa dan strategi BP Batam dalam menghadapi MEA pada akhir 2015 nanti dan beberapa pertanyaan yang menyangkut mengenai regulasi dan kondisi Batam saat ini dalam menjalani kondisi dimana perekonomian di seluruh dunia sedang tidak stabil.

Editor: Dodo