Tips Merawat Aki Mobil Tidak Mudah Soak
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-10-2024 | 18:04 WIB
Ilustrasi-Merawat-Aki1.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Aki merupakan komponen penting dalam mobil dalam kelistrikan kendaraan yang kompleks. Meskipun perlu diganti secara berkala, umumnya para pemilik kendaraan menginginkan usia aki yang tahan lama.

Aki menyimpan energi dan mengatur fungsi-fungsi elektris di dalam kendaraan. Komponen ini perlu mendapat perawatan khusus agar lebih tahan lama. Berikut caranya.

Rutin periksa kondisi aki
Tips utama dalam merawat aki adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi aki dan komponen penunjangnya, yaitu kabel dan terminal.

Aki harus berada dalam kondisi bersih, serta terhindar dari debu dan kotoran yang dapat menghambat hantaran listrik. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan seminggu sekali atau setidaknya sekali dalam satu bulan.

Nyalakan mesin mobil secara berkala
Memanaskan mesin mobil secara berkala, baik saat digunakan maupun tidak, merupakan salah satu cara untuk merawat aki mobil.Proses pemanasan ini minimal dilakukan selama 10 menit di setiap harinya untuk membuat sirkulasi oli berjalan dengan baik dan performa mobil menjadi lebih stabil.

Hindari beban listrik berlebihan
Cara merawat aki selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi listrik secara berlebihan. Saat mobil dalam kondisi mati, sebaiknya matikan pula perangkat elektronik maupun aksesori listrik yang dapat menyebabkan daya pada aki cepat habis.

Setelah mengetahui cara merawat aki agar lebih tahan lama, pemilik kendaraan juga perlu mengetahui ciri-ciri aki yang mulai melemah agar dapat segera menggantinya.

Ciri-ciri tersebut meliputi:

- Mesin sulit dinyalakan
- Lampu kendaraan yang redup
- Bunyi klik saat menyalakan kendaraan
- Perangkat listrik kendaraan tidak berfungsi dengan baik

Jika mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya Anda segera mengecek kondisi aki mobil agar dapat memastikan kapan jadwal penggantian aki selanjutnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha