Cawagub Nyanyang Siap Lanjutkan Program Sertifikasi Rumah Nelayan di Batu Besar
Oleh : Aldy
Rabu | 09-10-2024 | 13:24 WIB
Rumah-Nelayan.jpg
Calon Wakil Gubernur Kepri nomor urut 1, Nyanyang Haris Pratamura, dalam kampanye dialogis yang dihadiri ratusan warga Kampung Melayu, Batu Besar, pada Rabu (9/9/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nomor urut 1, Nyanyang Haris Pratamura, menegaskan komitmennya untuk melanjutkan program sertifikasi rumah nelayan di Batu Besar, Batam, jika dirinya dan Ansar Ahmad terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

Program ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi para nelayan yang rumahnya dibangun di atas laut. Hal ini disampaikan Nyanyang dalam kampanye dialogis yang dihadiri ratusan warga Kampung Melayu, Batu Besar, pada Rabu (9/9/2024).

Sebagai mantan anggota DPRD Kepri, Nyanyang menegaskan pentingnya memperjuangkan hak kepemilikan bagi para nelayan. "Jika kami terpilih, kami akan melanjutkan program ini. Tahun lalu, Pemprov Kepri sudah menerbitkan lebih dari 2.500 sertifikat rumah nelayan, dan kami akan teruskan ini di tahun 2025," ungkap Nyanyang.

Ia menjelaskan, pada tahun 2025, anggaran sebesar Rp 2 miliar akan dialokasikan untuk penerbitan 1.000 hingga 2.000 sertifikat rumah nelayan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan nilai ekonomis bagi rumah nelayan, terutama karena sertifikat tersebut bisa digunakan sebagai agunan di bank.

"Kita bertahap agar seluruh nelayan memiliki sertifikat atas tanah mereka. Dengan begitu, mereka punya kepastian hukum dan nilai ekonomis," katanya.

Nyanyang memperkirakan masih ada sekitar 25.000 rumah nelayan yang membutuhkan sertifikasi di wilayah Kepulauan Riau. Namun, ia juga mengingatkan bahwa bagi bangunan di atas laut yang digunakan untuk usaha perikanan, prosesnya memerlukan perizinan yang diajukan oleh bupati atau wali kota.

Di sisi lain, tokoh masyarakat Kampung Melayu menyatakan dukungannya untuk pasangan Ansar-Nyanyang. Mereka menyampaikan kesiapannya untuk bekerja keras memenangkan pasangan ini dalam Pilkada mendatang.

"Saya sejak awal memang mendukung Pak Ansar. Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar beliau terpilih kembali. Kami berharap mereka terus memperhatikan masyarakat di bawah," ujar salah satu tokoh masyarakat.

Pasangan Ansar-Nyanyang berharap dukungan ini dapat membawa mereka kembali memimpin dan melanjutkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya nelayan di Kepulauan Riau.

Editor: Gokli