Bincang Santai Bersama Warga, Cak Nur Bakal Prioritaskan Warga Lokal Dapatkan Pekerjaan
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 29-09-2024 | 12:05 WIB
cak_batam_kampanye.jpg
Calon Walikota (Cawako) Batam Nuryanto berbincang santai dengan warga Kelurahan Lubukbaja Kota, Sabtu (28/9/2024) (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam-Saat berbincang santai dengan warga Kelurahan Lubukbaja Kota, Kecamatan Lubukbaja, Calon Walikota (Cawako) Batam Nuryanto menegaskan akan memprioritaskan masyarakat lokal untuk bisa diterima berkerja di perusahaan yang ada di Kota Batam.

Nuryanto, yang maju bersama wakilnya Hardi Selamet Hood yang akrab disapa NADI dan mendapatkan nomor urut satu ini menyampaikan dihadapan warga Lubukbaja kota, Sabtu (28/9/2024).

Dengan suasana keakraban dan rasa silaturahmi yang kental, Nuryanto terlihat serius mendengarkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Batam saat ini.

Sebagai kota industri dan pariwasata, tentunya banyak sekali permasalahan ketenagakerjaan yang akan muncul, mulai dari persoalan pelatihan, sertifikasi hingga bagaimana pekerja pemula yang notabene-nya masyarakat asli Batam, juga mendapatkan pekerjaan.

Sebab, di lapangan kerap kali sebagian besar perusahaan lebih memilih pekerja yang sudah berpengalaman.

"Kami hanya bincang santai, tapi banyak persoalan dan usulan yang disampaikan, bagi kami ini biasa, ini jadi penyemangat kami juga untuk berpacu, bagaimana Batam ini lebih maju dan masyarakatnya sejahtera," ucap Nuryanto sambil diselingi gelak tawa warga.

Nuryanto yang memiliki latar belakang menjadi Ketua DPRD Batam selama dua periode, memandang perseolan seperti ini bukanlah hal yang baru.

Baginya tidak hanya permasalahan ketenagakerjaan dan perekrutannya, akan permasalahan yang timbul dari pekerja hingga kecelakaan kerja juga kerap menjadi agenda RDP di DPRD Batam.

"Apapun pendapat dan usulan masyarakat, pastinya kita tampung. Yang maslah kita carikan solusinya, gitu toh. Secara garis besar saya memahami apa yang disampaikan warga," ungkap Nuryanto.

Lebih lanjut, Cak Nur, sapaan akrabnya menyebutkan, pemerintah selalu berusaha untuk memberikan fasilitasi bagi masyarakat yang akan berusaha.

Pemerintah juga akan terus berkomitmen untuk mempermudah perizinan bagi masyarakat yang akan berinvestasi.

Hal tersebut juga, kata Cak Nur, hal itu juga harus berbanding dengan keadaan para pekerja Batam yang akan bekerja. Ia mencontohkan, setelah investor membuka lapangan pekerjaan, maka para pekerja sudah siap dengan keahlian yang dimiliki. Sehingga hubungan investor dan pekerja bisa baik.

Untuk itu, ia aka tetap akan memberikan perhatian lebih apa saja yang dibutuhkan para pekerja, terlebih bagi pekerja pemula, seperti, Pelatihan sertifikasi bagi yang ingin naik great.

Disisi perusahaan atau investor, Cak Nur akan serius memberi kemudahan dari segi perizinan, menurutnya makin cepat perizinan selesai, artinya makin cepat masyarakat memulai pekerjaannya, bagi investor juga sama, lebih cepat perizinannya maka semakin cepat perekrutan tenaga kerja.

"Investor dan pekerja saling membutuhkan, nah pemerintah sebagai fasilitator dan penyeimbang, bila ada permasalahan," ungkapnya.

"Dari segi penerimaan, kami akan meminta kepada pihak perusahaan agar memberikan prioritas bagi warga lokal. Sertifikasi dan pelatihan dan sertifikasi akan kami tingkatkan. Terpenting adalah permasalahan K3," sambung Nuryanto.

Sementara warga yang mendengarkan penjelasan demi penjelasan secar serius dari Cawako Batam, meras mendapatkan harapan bila pasangan Nuryanto-Hardi Selamet Hood (NADI) bisa terpilih memimpin Batam dalam 5 tahun kedepan.

"Semoga NADI jadi pemenang dan memimpin Batam. Karena lapang pekerjaan ini dasarnya masyarakat untuk hidup sejahtera," harap para warga Lubukbaja Kota.

Editor: Surya