Perkuat Kesiapsiagaan Bencana, Rutan Batam Jalin Sinergi dengan Dinas Pemadam Kebakaran
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 26-09-2024 | 16:44 WIB
Damkar-Rutan-BTM.jpg
Pejabat Rutan Batam saat membaha s kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran, guna meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana kebakaran di lingkungan Rutan, Kamis (26/9/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam menjalin kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran, guna meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana kebakaran di lingkungan Rutan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Batam, Purwo Aji Prasetyo, dan Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Surya Kusuma, mewakili Rutan Batam dalam kunjungan yang dilakukan pada Kamis (26/9/2024) ke Mako Damkar Kota Batam.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Drs Azman. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Plt Dirjenpas terkait langkah strategis pengamanan untuk mengantisipasi potensi gempa di zona megathrust, serta imbauan Dirwatkeshab mengenai pemenuhan sarana prasarana dan simulasi penyelamatan saat kebakaran.

"Kerja sama ini membuka jalan untuk pelatihan pemadaman kebakaran dan simulasi evakuasi bencana alam, yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bagi petugas dan warga binaan," ungkap Purwo Aji Prasetyo.

Dengan sinergi ini, Rutan Batam berkomitmen memperkuat langkah-langkah antisipatif terhadap potensi kebakaran di dalam Rutan, guna menjaga keselamatan dan keamanan warga binaan serta petugas. Langkah strategis ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam meminimalisir risiko bencana di lingkungan Rutan.

Editor: Gokli