Menko Airlangga Lantik Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam
Oleh : Redaksi/Alex
Senin | 26-08-2024 | 18:44 WIB
Pelatikan-BP1.jpg
Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto melantik Dr. Alexander Zulkarnain sebagai Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto melantik Dr. Alexander Zulkarnain sebagai Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam menggantikan Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Senin (26/8/2024).

Berlangsung di Balairungsari, Airlangga berharap agar Alexander Zulkarnain dapat segera beradaptasi dalam mendukung langkah strategis BP Batam guna meningkatkan nilai investasi ke depannya.

"Pergantian pejabat adalah hal yang lazim dilakukan organisasi sebagai bentuk implementasi dari Tour of Duty. Saya ucapkan selamat kepada Pak Alexander untuk tugas barunya dan terima kasih kepada Pak Wahjoe yang atas dedikasi dan pengabdiannya," ujar Airlangga.

Di samping itu, Airlangga juga mengapresiasi kinerja BP Batam yang sukses mendorong pertumbuhan investasi dalam lima tahun terakhir.

Dimana, peran strategis BP Batam mampu menjadikan Batam sebagai lokomotif perekonomian Provinsi Kepulauan Riau sejak beberapa tahun terakhir.

"Saya berharap kehadiran pejabat baru dapat memberikan energi baru bagi BP Batam dalam meningkatkan kerja-kerjanya karena kunci pertumbuhan Indonesia adalah dengan hadirnya investasi," tambahnya.

Ia berpesan kepada seluruh pejabat BP Batam agar bisa menjaga sinergi dengan Pemerintah Kota Batam, Pemerintah Provinsi Kepri, dan Pemerintah RI dalam mendukung pengembangan investasi ke depannya.

Mengingat, Batam merupakan salah satu destinasi investasi di Indonesia dengan berbagai keunggulan di dalamnya. Termasuk hadirnya beberapa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seperti Nongsa Digital Park (NDP) dan Batam Aero Technic (BAT).

"BP Batam perlu mengatasi tantangan ekonomi global, tensi geopolitik yang semakin tinggi dan perubahan iklim saat ini. BP Batam juga harus mampu menjadikan batam lebih berdaya saing sebagai tujuan investasi terkemuka," pungkasnya.

Berikut profil Dr. Alexander Zulkarnain yang saat ini menjabat sebagai Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam :

Nama : Dr. Alexander Zulkarnain, Ak., M.M
Tempat Tanggal Lahir : Tegal, 13 September 1965
Riwayat Pendidikan :
1. Doktoral/S3 Universitas Negeri Jakarta HRM Lulus Tahun 2013
2. Magister Manajemen/S2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta Finance Lulus Tahun 1999
3. Sarjana/DIV Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Akuntansi Tahun 1994

Riwayat Jabatan :
1. Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan 2013 - 2024
2. Inspektur Bidang Investigasi 2021 - 2023
3. Inspektur VII 2020 - 2021

Editor: Yudha