Trafik Terus Meningkat di Nusa Penida, XL Axiata Tambah 22 BTS 4G di Pulau Penida
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 21-08-2024 | 18:04 WIB
XL-Nusa-Penida1.jpg
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (paling kanan) dan team network meninjau perangkat BTS XL Axiata yang berada di Banjar Riseh, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, belum lama ini. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Klungkung - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan perluasan dan peningkatan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari area Bali, Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan yang semakin popular bagi wisatawan mengalami kenaikan trafilk yang tinggi dari tahun ke tahun.

Untuk itu, XL Axiata juga terus berupaya memperkuatkan kualitas jaringan di pulau yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung tersebut dengan menempatkan total 22 unit BTS 4G baru di Nusa Penida dan sekitarnya. Semakin baiknya kualitas jaringan XL Axiata ini diharapkan bisa berdampak pada peningkatan produktivitas sektor ekonomi dan sosial budaya, terutama dari sisi digitalisasi di Nusa Penida.

"Nusa Penida dan Nusa Lembongan merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Bali. Selain semakin ramainya wisatawan, aktivitas masyarakat setempat juga terus meningkat, yang antara lain berdampak pada naiknya trafik akses layanan internet XL Axiata. Dalam dua tahun terakhir, trafik meningkat sekitar 99% di kedua pulau tersebut," ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu (21/8/2024).

"Dengan penambahan masing-masing 22 unit BTS 4G baru di Nusa Penida dan 2 unit di Nusa Lembongan, kami berharap layanan internet dan telekomunikasi #JadiLebihBaik dan bisa memberikan kemudahan komunikasi serta memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan juga wisatawan."

Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap menjelaskan, saat ini jaringan data XL Axiata sudah menjangkau di semua desa yang ada di Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan tersebut, yaitu seluruhnya 16 desa. Untuk peningkatan trafik dalam satu tahun terakhir yang paling besar berada di Desa Batumadeg, Desa Jungut Batu, dan Desa Tanglad. Untuk menjaga kualitas jaringan di kawasan tersebut, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency.

Khusus di area Nusa Penida terdapat lebih dari 80 BTS dan Nusa Lembongan sekitar 20 BTS. XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan data yang baik di kawasan wisata, seperti Kelingking Beach dan Diamond Beach. Serta Kawasan Pura seperti Pura Goa Giri Putri dan Pura Dalem Ped, yang merupakan salah satu pura kahyangan jagat yang terkenal di Bali.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area seluruh Bali ditopang lebih dari 5.900 BTS, dengan mayoritas merupakan BTS 4G untuk melayani 716 desa, 57 kecamatan dan 9 kabupaten. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Untuk tetap terkoneksi dengan layanan telekomunikasi dan internet XL Axiata. Pelanggan dapat memilih Paket baru bernama 'Bebas Puas', ini memiliki keunggulan berupa keleluasaan pelanggan untuk memilih paket sesuai isi kantong alias dana yang dimiliki, akumulasi kuota dan masa aktif paket saat membeli lagi paket baru, kuota yang berlaku 24 jam, serta beragam pilihan bonus kuota. Paket baru ini bisa diperoleh melalui Aplikasi myXL, toko online, dan toko pulsa mulai 30 Mei 2024. Adapun paket Bebas Puas bisa didapatkan pelanggan mulai Rp 2 ribu/hari dengan kuota hingga 12GB sebulan, 3 ribu/hari dengan kuota hingga 30GB sebulan, 6 ribu/hari dengan kuota hingga 90GB sebulan, dan 8 ribu/hari dengan kuota hingga 150GB sebulan.

Editor: Yudha