Gubernur Ansar Paparkan Program Kerja di Tanjunguncang, Dari SPP Gratis hingga Rumah Singgah
Oleh : Redaksi
Senin | 22-07-2024 | 16:44 WIB
Ansar-Tanjunguncang1.jpg
Silaturahmi Gubernur Ansar bersama masyarakat RW 22 Perumahan Putra Jaya Tanjung Uncang Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, melakukan silaturahmi dengan masyarakat RW 22 Perumahan Putra Jaya Tanjung Uncang Kota Batam pada Minggu (21/7/2024).

Kehadiran Gubernur dan rombongan yang terdiri dari, Tim Percepatan Pembangunan, Pejabat Fungsional Utama dan beberapa Kepala OPD disambut dengan hangat oleh Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Perumahan Putra Jaya Tanjung Uncang.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Sholawat Busyro, Gubernur Ansar menyampaikan rasa bahagianya dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir.

"Silaturahmi seperti ini sering kita lakukan agar tidak ada jarak antara pemimpin dan masyarakatnya, dan juga menjadi salah satu sarana untuk mendengarkan masukan dan keluhan dari masyarakat Kepri di 394 Pulau secara langsung," ujarnya.

Gubernur Ansar turut memaparkan berbagai program yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah Provinsi Kepri di berbagi bidang.

Di bidang pendidikan, mulai tahun ajaran baru ini, Pemerintah Provinsi sudah mulai memberikan bantuan SPP gratis bagi siswa-siswi yang bersekolah di sekolah naungan Pemerintah Provinsi dan juga akan memberikan bantuan seragam sebanyak 2 pasang untuk para siswa-siswi baru dan insya Allah pada tahun 2025 akan dibangun Sekolah baru di wilayah Tanjung Uncang ini karena lahannya sudah tersedia.

"Kita gratiskan SPP ini agar tidak ada lagi anak-anak kita yang tidak bisa ikut ujian atau ijazah ditahan karena belum bayar SPP. Oleh karena itu kepada para orang tua diharapkan lebih fokus lagi mendampingi, mengawasi dan mendorong anak-anaknya di rumah agar semangat bersekolah, karena masuk sekolah itu tidak gampang jadi jangan disia-siakan kesempatan yang sudah didapat," ujar Gubernur Ansar.

Di bidang kesehatan, Pemerintah Provinsi sudah membangun Rumah Singgah di Kota Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Kepri yang membutuhkan. Juga pembangunan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat di Tanjung Uban dan Fasilitas Pemasangan Ring Jantung dan Bedah Jantung di Rumah Sakit Provinsi di Tanjungpinang.

"Pemerintah Provinsi menyediakan berbagai hal di bidang kesehatan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, baik kesehatan jasmani dan juga kesehatan mentalnya dengan cara mengirimkan 50 ustadz ke pulau-pulau di seluruh Kepri," ujarnya.

Ada juga bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) senilai Rp 7 Miliar untuk pengobatan masyarakat yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan.

Dan berbagai program lainnya seperti, Bantuan pinjaman senilai Rp 40 Juta untuk pelaku UMKM di Kepri, Kepri Terang yaitu program pengadaan pasokan listrik masyarakat-masyarakat di pulau terluar, bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 46.000 masyarakat nelayan yang ditanggung Pemerintah Provinsi, Pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang merupakan calon jembatan terpanjang di Indonesia dan sudah masuk ke tahap pengecekan kondisi tanah.

"Semua hal ini dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi untuk dipersembahkan bagi masyarakat Kepri, dan hal ini wajib disebarluaskan agar dapat diketahui, dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri seluruhnya," tutupnya.

Masyarakat RW 22 Perumahan Putra Jaya, Bapak Ilham Jaya Kusuma menyampaikan rasa bahagianya karena dapat bertemu dengan Gubernur Ansar.

"Alhamdulillah, meski perumahan kami ini berada di ujung Kota Batam tetapi Gubernur tetap mau datang untuk bertatap muka secara langsung dengan kami, kami benar-benar merasa bahagia," ucapnya.

Gubernur Ansar turut memberikan bantuan senilai Rp15 Juta untuk pembangunan Mushola Shirothol Mustaqim dan Rp3 Juta untuk ibu-ibu Majelis Ta'lim Shirothol Mustaqim.

Editor: Yudha