Rapimda DPD Hanura Kepri Sepakat Usulkan Oesman Sapta Odang Jadi Ketum
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 20-07-2024 | 17:24 WIB
Hanura-Kepri1.jpg
Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Hanura Kepri. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Musyawarah Nasional (Munas) partai Hanura akan dipercepat, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Kepri Gelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) 1 di Hotel Asia Link Nagoya, Sabtu (20/7/2024).

Ketua Bidang OKK DPP partai Hanura Mayjend (Purn) Siswadi Tarigan, Ketua DPD Partai Hanura Kepri Bakti Lubis, Sekretaris DPD Partai Hanura Kepri Uba Ingan Sigalingging, dan Bendahara DPD Partai Hanura Kepri Rudi Chua, serta 7 DPC se kabupaten/kota di Kepri Sepakat untuk mengusung Oesman Sapta Odang kembali sebagai Ketua umum (Ketum).

Ketua DPD Hanura Kepri Bakti Lubis menyampaikan, Rapimda 1 ini merupakan implementasi dari hasil rapat di 38 DPD se-Indonesia. Dimana mayoritas DPD menyuarakan melakukan percepatan Munas yang seyogyanya akan dilakukan diawal tahun 2205.

"Termasuk di sini, DPD Hanura Kepri juga sepakat mengusung pak Oesman kembali menjadi Ketum, selain itu agenda percepatan Munas, yang jelas tahun ini kita minta digelar," ucap Bakti Lubis disela-sela acara Rapimda.

Bakti melanjutkan, selain membahas agenda Munas dan mengusung Oesman pada Rapimda kali ini, DPD Hanura juga melakukan pembahasan internal partai. Dimana hasil pembahasan internal partai itu akan disampaikan pada Munas nanti.

"Hingga saat ini masih dua tempat usulan untuk Munas, yaitu Batam dan Bali. Akan tetapi kita tunggu keputusan DPP, apakah ada alternatif kota lain yang lebih siap?,"ungkap Bakti Lubis.

"Acara Munas bisa dihadiri 25 - 30 ribu orang. Oleh sebab itu kita juga akan melihat kesiapan kota Batam," sambungnya.

Sementara, Ketua Bidang Organisasi DPP Hanura, Mayjend (Pur) Siswadi Tarigan mengatakan, selain Provinsi Kepri, beberapa DPD sedang melaksanakan Rapimda yang sama. Sejumlah hal yang didiskusikan di pusat juga akan dibahas pada Munas nanti.

Dengan melihat menurunnya perolehan suara partai Hanura pada pileg lalu, Siswadi menyebutkan, bahwa DPP akan melakukan beberapa evaluasi terhadap kinerja internal partai.

"Semua struktur perlu melakukan evaluasi. Terutama pasca pileg lalu. Apakah pembinaan konstituen sudah dilaksanakan dengan baik dan efektif," ungkap Siswadi.

Selain itu, Ia juga menilai DPD Kepri sudah melakukan yang terbaik. Termasuk pembinaan organisasi hingga ketingkat DPC dan PAC. "Akan tetapi, kami juga akan mengkroscek apakah ini hanya data saja atau sudah sesuai di lapangan," ucap Siswadi.

Disamping itu, pihaknya juga menegasakan terkait pemecatan dan PAW, Ia meminta kepada semua kader agar mengedepankan musyawarah terlebih dahulu ( rapat pleno hingga ke tingkat DPD), hal itu untuk menghindari perpecahan.

"Setelah Rapimda ini, DPD bisa melakukan konsolidasi sampai ke tingkat PAC dalam menghadapi pilkada serentak November mendatang. Semoga Rapimda ini bisa memberi energi baru," pungkas Siswadi Tarigan.

Editor: Yudha