Kapolda Kepri Terima Gelar Kehormatan Dato Perdana Satya Buana
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-07-2024 | 15:24 WIB
Kapolda-Kepri3.jpg
Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, dianugerahi gelar kehormatan Dato Perdana Satya Buana oleh Kesultanan Riau-Lingga. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam balutan busana adat Melayu yang megah, Kapolda Kepulauan Riau, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, menerima penganugerahan gelar adat Kesultanan Riau-Lingga pada acara Zuriat dan Kerabat Kesultanan Riau-Lingga yang dilaksanakan di Kabupaten Lingga.

Gelar kehormatan Dato Perdana Satya Buana diberikan langsung oleh Yang Mulia Seri Paduka Baginda Sultan Hendra Syafri Riayat Syah Ibni Tengku Husein Saleh pada Sabtu (13/7/2024).

Gelar yang diterima oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah adalah Dato Perdana Satya Buana, yang merupakan salah satu gelar tinggi dalam Kesultanan Riau-Lingga. Penganugerahan gelar ini merupakan bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian Kapolda Kepri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kepulauan Riau.

Kegiatan adat yang suci dan penuh hikmat ini dihadiri oleh Yang Mulia Seri Paduka Baginda Sultan Hendra Syafri Riayat Syah Ibni Tengku Husein Saleh; Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Asep Safrudin; Pejabat Utama Polda Kepri; Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Ny Retno Dewi Yan Fitri Halimansyah beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Kepri; Forkopimda Kabupaten Lingga; Tokoh Agama; Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Sekabupaten Lingga.

Suasana haru dan bangga menyelimuti seluruh ruangan saat Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, mengucapkan sumpah adat dan menerima penganugerahan gelar. Dalam sambutannya, Kapolda Kepri, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas penghormatan yang diberikan oleh Kesultanan Riau-Lingga.

"Gelar kebesaran kerabat-kerabatan Kesultanan Riau-Lingga doa dan harapan semoga menjadi cahaya dan berseri bagi dato dan bagi kami masyarakat Kepulauan Riau. Dengan penyandang gelar kebesaran adat ini, kita telah tetap menjunjung adat besarnya martabat dan ketuhanan. Santun Melayu tahu adatnya, tahu Riau di atas tanahnya, tahu berbangsa, tahu negerinya, tahu berbahasa, tahu berbudinya," ujar Kapolda Kepri, demikian dikutip laman Humas Polda Kepri.

Lebih lanjut, Kapolda Kepri menyampaikan, gelar ini bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk seluruh jajaran Polda Kepri yang telah bekerja keras dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kepulauan Riau. "Kemudian, Bahasa Melayu pernah berpesan, orang yang arif berbudi, berbudi kaya bahasa. Kalau marwah sudah nampak, bagai burung yang terbang menerpa, terbang ngepak susah mengelak, di capak orang jangan mengelak, tegakkan diri bangsa kamu sendiri," ucapnya.

Setelah penganugerahan gelar, acara dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya Melayu yang memukau. Para tamu undangan disuguhkan dengan tari-tarian tradisional, musik Melayu yang indah, dan kuliner khas Kepulauan Riau yang lezat. Kemeriahan acara ini menjadi bukti keceriaan dan kebanggaan masyarakat atas penganugerahan gelar adat yang diterima oleh Kapolda Kepri.

Selain Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, terdapat beberapa tokoh lain yang juga menerima penganugerahan gelar adat pada kesempatan tersebut, antara lain:

Dato' Seri Hj Ahmad bin Hj Burak dengan gelar Dato' Perdana Sadu Jauhari

Prof Dr Sir Ungku Mohd Noor, BHMs, Dsc, Ph.D. Ion Ungku Mahmood dengan gelar Dato' Perdana Indera Wangsa

M Nizar dengan gelar Dato' Wira Jaya Wangsa

Amsakar Ahmad dengan gelar Dato' Wira Lela Perkasa

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.

Editor: Gokli