Penjualan Mobil Melorot, Gaikindo Minta Pemerintah Beri Insentif PPnBM
Oleh : Redaksi
Jumat | 05-07-2024 | 19:24 WIB
penjualan-mobil12.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Asosiasi 43 perusahaan otomotif besar di dalam negeri, Gaikindo, mengatakan lesunya penjualan mobil pada kuartal pertama 2024 bisa terobati bila pemerintah memberikan insentif seperti pernah dilakukan saat pandemi Covid-19 lalu.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menjelaskan pemberian insentif sudah terbukti menjadi kunci memecahkan masalah penurunan penjualan kendaraan roda empat.

Pada Maret 2021 pemerintah sempat meluncurkan program relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) buat menanggulangi ambruknya produksi dan penjualan karena efek pandemi Covid-19.

Kata Jongkie saat insentif itu diberikan penjualan langsung naik dan bahkan disebut tidak tanggung-tanggung. Ini menjadi bukti penghapusan PPnBM untuk sementara waktu itu menjadi stimulus penjualan sehingga pabrik-pabrik berikut industri komponennya bergerak.

"Pemerintah perlu mempertimbangkan, kembali memberikan sesuatu insentif berupa penurunan bahkan penghapusan PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) untuk produk-produk tertentu," ucap Jongkie, Kamis (4/7/2024).

Sepanjang Januari-April penjualan retail di dalam negeri mencapai 289.551 unit. Pencapaian ini turun 14,8 persen dibanding periode sama pada 2023.

Sedangkan angka wholesales Januari-April sebanyak 263.706 unit atau turun 22,8 persen dari sebelumnya.

Sejauh ini Gaikindo masih memproyeksikan penjualan mobil bisa mencapai 1,1 juta unit pada tahun ini walau situasi lesu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha