Puan Tekankan Perlunya Evaluasi dalam Proses Pemilihan Figur-figur untuk Menjadi Komisioner KPU RI
Oleh : Irawan
Kamis | 04-07-2024 | 11:24 WIB
puan-ketua-dpr.jpg
Ketua DPR RI Puan Maharani

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dipecat dari jabatannya karena kasus asusila.

Puan menekankan perlunya evaluasi dalam proses pemilihan figur-figur untuk menjadi komisioner KPU RI ke depan.

"Ya seharusnya tidak terjadi hal-hal seperti ini," kata Puan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

"Kita harus sama-sama evaluasi dan kita harus cari figur-figur yang mungkin lebih baik dan mekanisme yang ada juga sama-sama kita perbaiki," tambah Puan.

Puan menghormati putusan DKPP tersebut. Dia menunggu keputusan presiden (keppres) pemberhentian Hasyim untuk nantinya ditindaklanjuti penggantiannya oleh DPR RI.

"Ya kami menghormati keputusan DKPP dan nanti, setelah tujuh hari kemudian, Presiden mengeluarkan keppres pemberhentiannya ya, DPR sesuai mekanismenya, kami proses sesuai dengan mekanisme," kata dia.

Adapun DKPP telah menjatuhkan sanksi pemecatan kepada Hasyim karena terbukti melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu.

Ia dinilai terbukti melakukan tindakan asusila terhadap korban yang merupakan perempuan anggota PPLN di Den Haag, Belanda.

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasim Asy'ari, selaku Ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum, terhitung sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP Heddy Lugito dalam sidang di Kantor DKPP RI, Rabu (3/7/2024).

Editor: Surya