Mengenal Pembinaan Kemandirian di Lapas Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 27-06-2024 | 14:44 WIB
WBP-Las.jpg
Warga binaan Lapas Batam saat mengikuti pelatihan pengelasan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seksi Kegiatan Kerja Lapas Batam, sesuai dengan tugas dan fungsinya, memberikan bimbingan kerja, mempersiapkan sarana kerja dan mengolah hasil kerja serta berfungsi memberikan bimbingan latihan kerja bagi narapidana dan mengolah hasil kerja.

Hal ini sesuai amanat UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Adapun pembinaan kemandirian yang ada di Lapas Batam yaitu kuliner, mebeul, las, laundry, produksi tempe, produksi roti, barbershop dan bengkel motor.

Pada bulan ini, Lapas Batam bekerja sama dengan LPK Sumber Ilmu dan Disnaker Kota Batam melaksanakan pembinaan kemandirian berupa pelatihan pengelasan pembuatan tiang lampu. Sebanyak 50 tiang lampu akan digunakan sebagai penerangan area brenggeng Lapas Batam.

Kalapas Batam, Heri Kusrita, menjelaskan pembinaan kemandirian melalui pelatihan ini sangat berguna sebagai dasar bagi warga binaan nanti ketika menjelang bebas dan berada di dunia kerja.

"Pembinaan kemandirian melalui pelatihan ini nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa warga binaan cakap dalam melakukan pengelasan. Semoga warga binaan dapat serius mengikuti materi yang diberikan oleh pihak luar yang berkompeten dibidangnya," ujar Heri Kusrita, Kamis (27/6/2024).

Ia menambahkan, workshop kegiatan kerja Lapas Batam wajib menyetorkan PNBP ke negara dari setiap hasil produksi yang diperoleh sehingga pembinaan kemandirian di Lapas Batam dapat berkontribusi bagi negara.

Selain itu, dalam rangka peningkatan pembinaan kemandirian, Lapas Batam melaksanakan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) pada Rabu (26/6/2024). Perjanjian kerja sama yang dilaksanakan yaitu pembinaan kemandirian berupa pelatihan di bidang pengelasan tiang penerangan yang akan di gunakan di Lapas Batam.

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan bersama Direktur LPK Sumber Ilmu Batam, Hairul Azhar yang berkedudukan di Tunas Regency Blok A12 nomor 7-8 Batam. Tujuan perjanjian ini untuk meningkatkan kualitas pembinaan bagi warga binaan sehingga menjadi SDM yang unggul dan berdaya guna melalui pembinaan kemandirian di Lapas Batam.

"Dengan pembinaan kemandirian ini dapat memberikan peningkatan keterampilan dibidang hard skill warga binaan serta hal ini merupakan wujud Dukungan Lapas Batam dalam mewujudkan sertifikasi keahlian bagi warga binaan," harapnya.

Editor: Gokli