DPRD Sahkan Perda Hari Jadi Karimun Tanggal 1 Mei 1828
Oleh : Freddy
Selasa | 25-06-2024 | 19:32 WIB
Hari-Jadi-Karimun1.jpg
Rapat Paripurna pengesahan Perda Hari Jadi Karimun. (Freddy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - DPRD Karimun mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Hari Jadi Karimun pada tanggal 1 Mei tahun 1828.

Pengesahan Perda dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusup Sirat dan dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (24/6/2024).

Ketua DPRD Karimun yang membuka rapat paripurna menyatakan bahwa rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Ranperda tentang penetapan Hari jadi Karimun sudah memenuhi quorum dan dapat dilanjutkan.

Selanjutnya, Ketua Pansus Hari jadi Karimun, Sulfanov Putra menjelaskan kerja- kerja yang dilaksanakan pansus yang akhirnya Pansus mengambil keputusan penuh bahwa hari jadi Karimun pada tanggal 1 Mei 1828.

"Pansus menetapkan setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya diperingati dan dirayakan sebagai Hari Jadi Karimun," ujarnya.

Sulfanov Putra juga membacakan pandangan Fraksi-fraksi DPRD yakni dari Fraksi Golkar Plus, Fraksi PKS, PDIP, PAN, HANURA, PKB, Demokrat dan Gerindra. Dimana keseluruhan fraksi dapat menerima dan menyetujui Ranperda Hari Jadi Karimun dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan setelah lebih kurang dua tahun setelah melalui suatu proses yang diawali dengan seminar hingga diselesaikan dengan lancar dan akhirnya melalui paripurna ini ditetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari jadi Karimun.

"Atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Karimun, Pansus Hari jadi Karimun dan Komisi 1 yang sangat konsen untuk menyelesaikan keinginan masyarakat," ujar Rafiq.

Selain itu Rafiq mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Karimun dan Aliansi Budak Balai Bersatu serta berbagai pihak lainnya sehingga dapat ditetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Jadi Karimun.

"Semoga pada tanggal 1 Mei tahun 2025 nanti berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dan ini menjadi tugas bagi anggota DPRD Kabupaten Karimun yang baru nantinya untuk menganggarkan. Selamat bagi kita semuanya dan tetap jaga kekompakan," tutupnya.

Editor: Yudha