Kepala BP Batam Buka Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024
Oleh : Redaksi/Alex
Jumat | 21-06-2024 | 08:52 WIB
fun-bike-batam.jpg
Peserta Road Race Individual Time Trial (ITT) kategori Women Under 23, Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024, di Nuvasa Bay, Batam, pada Kamis (20/6/2024) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala BP Batam/Walikota Batam Muhammad Rudi secara resmi membuka dan menyambut positif Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024, di Nuvasa Bay, pada Kamis (20/6/2024).

Muhammad Rudi membuka Kejuaraan Nasional yang berlangsung mulai 20-30 Juni 2024 di Batam, Kepulauan Riau dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ia bersama dengan Luhur Dewantoro Tenaga Ahli Menteri mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga; Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga sebagai Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) dan ASEAN Cycling Federation Advisor; Jadi Rajagukguk selaku Ketua Kadin Batam juga sebagai Exco NOC Indonesia; serta Jajaran Forkopimda Kota Batam.

Pembukaan simbolis dilakukan dengan pelepasan peserta Road Race Individual Time Trial (ITT) kategori Women Under 23, dengan menggunakan bendera.

Kepala BP Batam/Walikota Batam Muhammad Rudi menyambut dengan hangat event olahraga nasional dapat digelar di Batam.

"Saya sangat berterima kasih Kejurnas ini dilaksanakan di Batam. kami siap untuk membantu semua kegiatan nasional yang ada di Kota Batam ini," kata Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi berharap bahwa event-event serupa dapat terus diselenggarakan di Batam. Ia optimistis dengan kondisi infrastruktur Batam yang mumpuni saat ini, maka event nasional dapat secara rutin diselenggarakan di Batam dengan aman nyaman.

"Kami terus mengembangkan infrastruktur Batam. Mulai dari jalan dengan 6 lajur, kemudian Pembangunan Terminal II kita bangun, kita harapkan 2 tahun ke depan Bandara Terminal II akan mampu menampung 2 juta orang di Bandara. Sehingga event-event besar dapat kita sukseskan di Batam," kata Rudi optimis.

Ia pun menjabarkan sejumlah proyek yang tengah dibangun akan semakin menyolek Batam menjadi salah satu Kota Terindah di Indonesia.

"Sehingga kami mengajak ayok buat event di Batam. Jalan sudah bagus, infrastruktur modern, semua fasilitas ada, jika event nasional dan internasional masuk, maka investasi pun bisa masuk. Selamat menikmati Pesona Batam Kota Baru." tutup Muhammad Rudi mendapat tepukan hangat dari penonton.

Hal ini pun diamini oleh Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga sebagai Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) dan ASEAN Cycling Federation Advisor.

Okto mengatakan Batam adalah kota terbaik dan paling sempurna bagi penyelenggaraan kejuaraan nasional.

"Secara geografis dan infrastruktur Batam sangat bagus untuk event dan kejuaraan tidak hanya nasional bahkan internasional. Saya yakin Ini bukan yang terakhir, ini hanya permulaan, bukan hanya balap sepeda, cabor lain harus dilakukan di Batam." Kata Okto sumringah.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan penuh dari Walikota Batam/Kepala BP Batam Muhammad Rudi yang juga selaku Ketua Umum PB ISSI Kepri.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Luhur Dewantono yang hadir mewakili Menterimu Pemuda dan Olahraga mengatakan Menpora amat sangat mendukung segala bentuk event kejuaraan dan pembinaan yang dilakukan di daerah.

"Mewakili Bapak Menpora kami sangat mendukung pembinaan dan turnamen olahraga nasional yang kali ini di Batam dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerahnya." Kata Luhur.

"Ini luar biasa di sini kita lihat, saat semua sudah bersatu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Kadin, maka olahraga Indonesia akan berjaya melahirkan atlet berprestasi." Pungkas Luhur.

Adapun Kejurnas Balap Sepeda ini yakni Road Race yang akan digelar di 20-24 Juni 2024. Untuk Road Bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT) Criterium dan Road Race (IRR). Venuenya adalah Nongsa Loops.

Sementara, Mountain Bike (MTB) digelar 25-30 Juni 2024. Peserta MTB akan melewati rute dengan venue Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH dan Enduro (End).

Selain Jajaran Forkopimda Kota Batam; hadir pula satu-satunya pembalap sepeda Indonesia dan Asia Tenggara yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 disiplin trek Omnium Putra, bernama Bernard van Aert.

Ia juga merupakan putra bangsa yang berhasil meraih ranking 20 dunia. Usai dari Batam, ia akan bersiap menuju menuju Italia untuk Olimpiade Paris 2024.

Editor: Surya