Ketua Gekrafs Batam Harapkan 'The Next Walikota Batam', Perempuan!
Oleh : Redaksi
Senin | 17-06-2024 | 11:48 WIB
AR-BTD-5189-Gekrafs-Batam.jpg
Ketua Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) Kota Batam Susanna. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) Kota Batam Susanna, mengharapkan 'The Next Walikota Batam' yang akan melanjutkan program-program pembangunan Kota Batam adalah seorang perempuan.

Alasannya, karena kehadiran seorang perempuan menjadi orang nomor satu di Kota Batam, akan memberikan inspirasi bagi kaum perempuan di mana pun, khususnya Batam.

"Karena kalau perempuan yang terpilih menjadi Walikota Batam, maka dampaknya adalah ini bisa menjadi inspirasi baru bagi perempuan di Batam. Bahwa, perempuan juga bisa berkiprah di dunia politik di Batam. Khususnya, di internal partai, bahwa perempuan di partai politik itu bukan warga kelas dua, tetapi juga bisa menjadi ujung tombak perpolitikan lokal maupun nasional," papar Susanna yang juga kader Partai Gerindra Kota Batam itu.

Saat ini, lanjut perempuan asli Batam itu, ada dua perempuan yang namanya digadang-gadang bakal mencalonkan diri menjadi Walikota Batam. Yaitu, Hj. Marlin Agustina yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri dan kader Partai Gerindra Li Claudia Chandra.

"Kalau memang dua kandidat ini maju sebagai calon Walikota Batam, ini bagus sekali. Apalagi, kalau salah satu dari mereka terpilih. Karena mereka memiliki nilai jual dan daya tawar yang mumpuni untuk memimpin Kota Batam," tegas Susanna.

Sementara itu, seperti diliris Detik.com Kamis, 28 Mar 2024, Lembaga Survei Konsepindo telah mengumumkan hasil survei elektabilitas bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batam 2024. Hasilnya, nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina unggul dari Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad.

https://news.detik.com/pemilu/d-7265427/survei-konsepindo-soal-pilwakot-batam-marlin-agustina-unggul-dari-amsakar.

Survei Konsepindo digelar dari tanggal 5 Maret hingga 11 Maret 2024. Survei ini dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden warga Kota Batam yang berumur lebih dari 17 tahun atau sudah menikah. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Berdasarkan temuan survei lembaga kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen. Di bawahnya ada Amsakar Achmad dengan elektabiltas sebesar 31,1 persen. Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen," kata peneliti Konsepindo, Aldo Serena.

Aldo menjelaskan, bukan sesuatu yang mengejutkan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat untuk Pilwakot Batam 2024. Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat, cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Selain itu, Aldo menyebut posisinya sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu. Saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

"Tak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya," ucapnya.

Menurut Aldo, pengalaman Marlin menjadi Wagub Kepri dan juga perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal bagi Marlin untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Terakhir, sebagai perempuan asli Batam, Susanna berharap pada Pilkada Kota Batam, Rabu, 27 November 2024 mendatang, akan tercipta sejarah baru. "Saya punya harapan besar, perempuan bisa menjadi pemimpin di Kota Batam. Ini bisa pecah rekor. Hal baru di Kota Batam. Sebelumnya, kan belum pernah ada. Karena itulah, ini harus kita wujudkan bersama," tegas Susanna.

Editor: Dardani