Laptop Bertenaga AMD Ryan 7000-8000 Series Tawarkan Performa Gaming Kompetitif dengan Edisiensi Daya Menakjubkan
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 15-06-2024 | 09:24 WIB
1506_AMD-Ryan-7000-8000_093483548.jpg
Community Gathering AMD di Sahid Batam Center Hotel, Jumat (14/6/2024), dengan mengangkat tema 'Beneran Bisa Berkarya PakaiAMD'. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertumbuhan industri game di Indonesia saat ini tengah kian pesat. Faktanya, dilansir dari Kominfo.go.id berdasarkan risetdata Reedser Analysis, pada tahun 2023, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia terekspos game yang tersedia di berbagai perangkat.

Perkembangan positif tersebut sejalan dengan kualitas game lokal Indonesia yang merupakan hasil kreativitas dari Game Developer yang patut diacungi jempol. Banyak game hasil inovasi para game developer lokal dikenal bahkan mendapatkan pengakuan di kancah internasional. Tak heran, industri game memiliki prospek yang sangat potensialdan dilirik menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

Namun, dibalik pencapaian itu semua, tentu banyak tantangandan perjuangan yang dihadapi para game developer mulai dari mengatasi kesulitan copyright atas inovasi game yang diciptakan hingga tingginya biaya pengembangan setiap judul game,, meskipun banyak talenta dari calon-calon game developer. Magnet industri game semakin kuat berkat berkembangnya teknologi dan peluang menggiurkan yang ditawarkan.

Untuk menjawab seluk beluk profesi game developer, tantangan yang dihadapi dan kiat-kiat membuat game menarik dan berkualitas, serta bagaimana pemilihan perangkat yang tepatuntuk dapat mendukung para game developer serta diskusi topik-topik menarik seputar dunia game, AMD mengadakan acara Community Gathering yang diselenggarakan di Sahid Batam Center Hotel, Jumat (14/6/2024), dengan mengangkat tema 'Beneran Bisa Berkarya PakaiAMD'.

Batam adalah kota terakhir yang AMD kunjungi dalam rangkaian roadshow Community Gathering sepanjang kuartal kedua tahun ini dimana sebelumnya kota Malang dan Bali pada masing-masing pertengahan Mei dan awal Juni lalu.

AMD mengundang komunitas pecinta game para generasimilenial dan gen z dengan latar belakang mahasiswa-i, game developer lokal dan mereka yang memiliki minat atau talenta menciptakan game yang berdomisili di Batam. Mengusung konsep talkshow interaktif yang menarik, AMD ingin mengajak para peserta yang hadir untuk mengetahui lebih dalam pengalaman dan tips dari para ahli yang berkecimpung di dunia game developer.

AMD berharap nantinya para peserta dapat mengembangkan keterampilan mereka khususnya mengembangkan game-game inovatif dan berkualitas sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar industri game saat ini, menciptakan game-game menarik yang kompetitif dan bagaimana memasarkan game.

Hanya dengan satu perangkat Leptop handal bertenaga prosesor AMD, game developer dapat menciptakan game yang menawarkan performa handal dengangrafis yang 'hidup'.

Melalui acara ini pula, AMD ingin mendekatkan diri dengan memberikan edukasi dan wawasan serta mendukung talenta para gamer developer untuk menciptakan game. Selain itu, AMD ingin memperkenalkan produk-produk terbaru AMD sekaligus fitur-fitur teknologi terbaru prosesor AMD Ryzen yang dapat mendukung dan menjadi pilihan komunitas game developer sehingga mereka dapat semakin kreatif dan produktif dalam berkarya baik itu menciptakan maupun meningkatkan kinerja dari game itu sendiri. Tak kalah pentingnya, produktivitas harian dapat menjadi lebih optimal dengan menentukan pilihan ideal perangkat laptop bertenagaAMD Ryzen 7000 Series dan AMD Ryzen 8000 SeriesProcessors yang handal dengan performa yang mengesankan.

Dalam acara tersebut, AMD mempresentasikan produk laptop AMD Ryzen 7000 Series Processors dan laptop AI barubertenaga AMD Ryzen 8000 Series Processors. AMD juga mengundang Riris Marpaung (CEO of Game Changer Studio) sebagai pembicara yang akan berbagi pengalamannya di bidang industri game dan bagaimana laptop bertenaga AMD mendukung produktivitasnya. Tak kalah menariknya, ada sesitalkshow dimana para peserta dapat berinteraksi denganbertanya kepada para pembicara yang turut hadir yaitu: Donnie Brahmandhika (Retail & Product Enablement Manager - AMD Indonesia), Riris Marpaung (CEO of GameChanger Studio) dan Ervin Ahmad (Founder of 4Happy Studio).

Riris Marpaung, CEO of Game Changer Studio, mengatakan bahwa perkembangan era digital dan teknologi membawa peluang ditengah banyaknya talenta anak muda yang mampu mengembangkan game kompetitif untuk dapat bersaing tidak hanya level lokal namun tingkat internasional.

Dengan pengalaman yang cakap, daya kreativitas yang tinggi, pengetahuaan pemasaran, lokalisasi, distribusi game serta dukungan teknologi handal, para game developer atau mereka yang berbakat menciptakan game dapat menjangkau pasar game dan memaksimalkan peluang suksesdi industri. Utamanya adalah memilih perangkat laptop bertenaga AMD yang menjawab kendala performa dan menawarkan grafis nyata pada game sehingga memberikanpengguna pengalaman mengesankan dalam membuat ataubermain game dan aktivitas komputasi lainnya di saat bersamaan.

"Experience Zone yang terdiri dari Creator Zone, AI Zone, dan Gamer Zone. Tujuan hadirnya Experience Zone ini adalah untuk menampilkan jajaran lengkap laptop bertenaga prosesor AMD terbaru, sehingga memberikan pengalamanlangsung performa laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 7000 Series dan AMD Ryzen 8000 Series dengan fitur-fitur menarik yang dimiliki kepada semua peserta yang hadir," ungkap Riris.

Laptop gaming (ROG Zephyrus G14 dan ASUS TUF Gaming A15) bertenaga prosesor AMD RyzenTM 8040 Series telah mendukung kemampuan AI- ready untukpembuatan konten dan produktivitas harian dengankinerja menakjubkan. Selain itu juga menghadirkan fitur-fitur baru dan lebih baik untuk membekali para gamer dengan keunggulan kompetitif dan pengalaman gaming on-the-go yang memberikan gameplay berkualitastertinggi selama berjam-jam tanpa penurunan kecepatanatau game stuttering kepada para pengguna.

Prosesor AMD Ryzen dengan AMD RyzenTM AI menghadirkan performa dan efisiensi daya yang menambah pengalaman pengguna real-time sehingga lebih kaya dalam kolaborasi video, kreasi konten, produktivitas, game, perlindungan keamanan hinggapenggunaan hybrid.

Teknologi cerdas AMD Ryzen AI menjadikan CPU dan GPU terbebas dari segala bebankerja AI untuk mengerjakan aktivitas komputasi lainnya. Tak hanya itu, komputasi pemrosesan AI pada CPU atauGPU berteknologi prosesor AMD Ryzen secara cerdas memungkinkan perkerjaan AI dilakukan secara lokal pada perangkat pribadi tanpa memerlukan koneksi keserver yang menjalankan AI.

"Prosesor AMD Ryzen 7000 Series merupakan jawaban untuk kebutuhan komputasi pengguna masa kini mulai dari gamer kasual, kreator konten, pekerja hybrid hingga professional seperti game developer; bersama dengan solusi grafis baruyang menghadirkan kekuatan gaming performa tinggi padalaptop tipis dan ringan," tuturnya.

Tak hanya itu, AMD RyzenTM 7000 Series Processors terbaru memungkinkan efisiensi daya, kinerja komputasi kencang, serta konektivitas andal yang merupakan esensi dari pengalaman para pengguna.

AMD Ryzen 7040 Series Processors memiliki hardware khusus artificial intelligence pertama dalamprosesor x86 pada model tertentu yang menghadirkan grafik prosesor PC terkencang di dunia memiliki hingga delapan core 'Zen 4' dan grafis AMD RDNA 3. Selainitu, AMD Ryzen 7040 Series menghadirkan arsitekturAI adaptif dengan AMD XDNA ke komputasi mobile yang memberikan performa lebih untuk penggunaan real-time AI yang lebih sempurna.

Ada pula prosesor AMD Ryzen 7045HX Series terbaru yang merupakan seri tertinggi yang ditujukan untuk para gamer dan profesional kreator konten. Prosesor inimemiliki 16 core dan 32 thread yang dibangun di atasteknologi Zen 4 dengan proses 5nm yang canggih dan menampilkan perpaduan kecepatan prosesor yang tinggiuntuk pemrosesan yang lebih maksimal.

Didukung dengan perangkat DDR5 hingga 5600MHz, PCIE-Gen 5.0 serta Cache memory yang lebih besar hingga 80Mb sehingga memungkinkan pengguna merasakanpengalaman komputasi mobile yang optimal dan lebihcepat. Prosesor AMD Ryzen 7045HX Series sendirimenawarkan performa single-thread hingga 18% lebihcepat dan performa multithread hingga 78% lebihkencang dibandingkan 6900HX dimana menghadirkanlompatan besar bagi para gamer dan profesional kreatordengan mobiltas tinggi.

Di Indonesia, AMD Ryzen 7040 Series Processors dan AMD Ryzen 7045 HX Series Processors telah tersediadi berbagai lini laptop gaming ACER, ASUS, HP, MSIdan Lenovo. Sementara untuk AMD Ryzen 8000 Series Processors telah tersedia dari mitra OEM AMD termasuk Asus, Lenovo, MSI.

Editor: Gokli