Bandara Hang Nadim Batam Sukses Layani 12.386 JCH dari 28 Kloter pada Musim Haji 1445 H
Oleh : Aldy
Selasa | 11-06-2024 | 11:48 WIB
layanan-haji1.jpg
Proses layanan haji di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Prosesi Ibadah Haji tahun 2024 telah mendekati puncak perayaan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada tanggal 8 Juni 2024 dan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Penetapan tersebut dilakukan melalui Sidang Isbat Kementerian Agama dan Instansi terkait pada 7 Juni 2024 yang lalu di Jakarta.

Dalam kesempatan ini, PT Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BIB) telah menyampaikan seluruh proses pemberangkatan Jamaah Calon Haji tahun 1445 H/ 2024 M Embarkasi Batam telah selesai dan sukses dilaksanakan.

Total 28 kloter yang telah diberangkatkan melalui Bandara Internasional Batam, dengan rincian masing-masing Provinsi Kepulauan Riau 3 Kloter, Provinsi Riau 12 kloter, Provinsi Kalbar 6 kloter, dan Provinsi Jambi 7 kloter.

Jamaah Calon Haji Provinsi Riau telah mendominasi atau paling banyak yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim dengan jumlah 5.331 orang, disusul Provinsi Jambi sebanyak 3.118 orang, Provinsi Kalbar 2.626 orang, dan Provinsi Kepulauan Riau 1.311 orang, dengan total 12.386 Jamaah Calon Haji sudah tiba di Tanah Suci - Madinah. Menurut laporan PPIH Embarkasi Batam, terdapat 5 Jamaah Calon Haji yang batal berangkat karena alasan medis.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Drs H Muhammad Syafii, mengatakan, Jamaah Calon Haji yang batal berangkat karena kondisi kesehatan langsung ditangani oleh Tim Kesehatan Embarkasi Haji. "Selanjutnya JCH tersebut dipulangkan ke daerah asal atau ditunda keberangkatannya di tahun depan," ungkap Syafii.

Layanan Angkutan Udara Jamaah Calon Haji tahun 2024 Emberkasi Batam dilayani oleh maskapai Saudi Airlines dengan type pesawat Boeing 747 - 400.

Adapun untuk angkutan feeder haji dari daerah asal menuju Embarkasi Batam dilayani oleh Lion Group, Citilink, dan Sriwijaya Air. Dalam pelaksanaannya serta skenario khusus yang telah disiapkan oleh BIB, Stakehodler, dan Instansi terkait, seluruh proses pemberangkatan Jamaah Calon Haji berjalan dengan baik, sehingga tidak mengalami kendala atau keterlambatan.

Dihimpun dari laporan harian, Manajemen BIB mencatat bahwa OTP (On time Performance) Operasional Angkutan Udara Haji tahun 2024 mencapai 100 persen, artinya kualitas layanan angkutan udara haji di Bandara Internasional Hang Nadim tepat waktu atau on schedule. Hal tersebut merupakan komitmen BIB dalam meningkatkan layanan kepada seluruh Jamaah Calon Haji Embarkasi Batam.

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menyampaikan, seluruh Jamaah Calon Haji Embarkasi Batam sudah diberangkatkan ke Madinah, dengan total 28 kloter. "Alhamdulillah, sejak kloter pertama yang diberangkatan pada 12 Mei 2024 yang lalu, mudah-mudahan seluruh prosesi ibadah haji di Tanah Suci berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur," kata Pikri, Senin (11/6/2024).

Lanjut Pikri, proses pemberangkatan seluruh Jamaah Calon Haji berjalan dengan aman, lancar, dan tepat waktu. Selain itu, BIB juga berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, seperti peningkatan fasiltas di Bandara Internasional Hang Nadim juga telah dilakukan, ruang tunggu khususnya di Gate A9 yang diperuntukan untuk Jamaah Calon Haji sudah dilengkapi dengan toilet difabel dan ruang mandi bertaraf internasional.

"Untuk sementara waktu setelah proses pemberangkatan haji selesai, fasilitas ruang mandi dapat dinikmati pengguna jasa lain, kedepan fasiltas toilet difabel juga akan kita siapkan di seluruh ruang tunggu," pungkas Pikri Ilham Kurniansyah.

Editor: Gokli