Bangkitkan Semangat Bhayangkara, Polda Kepri Gelar Apel Pengambilan dan Pengiriman Air Suci
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jumat | 07-06-2024 | 19:32 WIB
Polda-Apel-Bhayangkara1.jpg
Polda Kepri Gelar Apel Pengambilan dan Pengiriman Air Suci. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun, Kepolisian Daerah (Polda) Kepri menggelar Apel Pengambilan dan Pengiriman Air Suci di Loby Utama Polda Kepri, Jumat (7/6/2024).

Apel Pengambilan dan Pengiriman Air Suci ini dipimpin secara langsung oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin di ikuti seluruh Pejabat Utama (PJU) serta seluruh personel Polda Kepri.

Menurut Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Asep Safrudin, Apel Pengambilan dan Pengiriman Air Suci menyongsong peringatan hari Bhayangkara bertujuan untuk menanamkan kembali rasa kebanggaan para personil Kepolisian terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Perjuangan dan pengorbanan diperlukan untuk meraih kemerdekaan di NKRI. Dengan kemampuan dan keterampilan yang tulus sebagai anggota Bhayangkara yang profesional, modern, dan terpercaya, saya yakin kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar," kata Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin.

Asep menjelaskan, Rute Pengambilan Air suci diambil dari Mapolda Kepri, melewati Pulau Bintan, dan berakhir di Pulau Penyengat. Pulau Penyengat dipilih karena nilai sejarah serta nilai adat-istiadat yang tinggi.

"Air suci ini adalah simbol kepercayaan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau. Karena Air suci ini akan digunakan dalam upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata sebagai rangkaian Hari Bhayangkara ke-78. Kegiatan ini melibatkan seluruh Polda, termasuk Polda Kepulauan Riau," terang Asep.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Kepri pun berpesan kepada para personel pengambil air suci untuk selalu menjaga keselamatan dan kelancaran misi, serta menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan stamina.

"Saya berharap dharma bhakti rekan-rekan semua menjadi ladang amal dan ibadah kepada Tuhan," tuturnya.

Selain memberikan pesan, Wakapolda juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja keras sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

"Dalam menjalankan tugas, semua personil harus bekerja sama dan kolaborasi serta menjunjung solidaritas agar mencapai hasil yang lebih gemilang," tegas Wakapolda.

Di tempat yang sama, Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi pihak kepolisian.

"Bagi masyarakat yang ingin membuat pengaduan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store," tutupnya.

Editor: Yudha