KSPSI Anambas Peringati May Day di Matak Base, Tuntut Pembayaran Upah Lembur
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 30-04-2024 | 15:44 WIB
Anambas-Mayday.jpg
Spanduk yang akan digunakan KSPSI Anambas saat peringatan Mayday di Matak Base, Rabu (1/5/2024). (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kepulauan Anambas, akan menggelar aksi di Matak Base pada peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2024).

Pada kesempatan itu, KSPSI Anambas akan menyuarakan terkait upah lembur karyawan PT Baashitu Boga Service (BBS) yang selama ini belum dibayarkan.

"Kami juga akan menyuarakan agar buruh harian diangkat menjadi buruh kontrak," kata Ketua KSPSI Kepulauan Anambas, Sahtiar, Selasa (30/4/2024).

Lanjutnya, untuk aksi besok, pihaknya sudah mendapat izin dari kepolisian. "Tak lupa, kami juga akan menyuarakan terkait perusahan subcontraktor untuk memberikan segala hak-hak buruh," imbuhnya.

Sementara itu, Human Resource Development (HRD) Star Energi, Heru Wibowo, mengatakan telah mendengar isu terkait aksi demo Mayday, namun belum dapat mengetahui secara pasti kebenaran terkait aksi seperti apa.

"Saya dengarnya begitu, akan ada aksi demo. Cuma saya tidak tau, kontrak antara PT BBS dengan karyawannya seperti apa, kalau tidak salah, kemarin itu kawan-kawan ingin mendesak PT BBS. Harapan kita itu bisa diselesaikan secepatnya, tetapi memang itu juga bukan urusan kita," ucap Heru.

Menurut Heru, kontrak service dari Star Energy dengan PT BBS itu, sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Biasanya, kontrak service itu selalu disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, tetapi kalau pelaksanaannya kita tidak memantau sampai sejauh itu. Jadi jika dalam pelaksanaan menyalahi aturan, maka itu menjadi urusan PT BBS dengan karyawannya," sebut Heru.

Sampai berita dipublikasi, PT BBS belum ada memberikan penjelasan terkait permasalahan tersebut. HRD PT BBS, Parida, saat dikonfirmasi malah mengalihkan kepada orang lain.

"Terkait hal tersebut silahkan konfirmasi kepada ibu Susi aja. Maaf, soalnya saya lagi libur," ujarnya.

Editor: Gokli