#Arus Mudik Lebaran Idulfitri

Demi Kelancaran, PT BIB Imbau Pemudik Check In Online Sebelum Berangkat
Oleh : Aldy
Sabtu | 06-04-2024 | 16:20 WIB
konter-check-in.jpg
Suasana di konter check in Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Bandara Internasional Batam (BIB) mengimbau kepada seluruh calon penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, untuk melakukan check in online sebelum tiba di Bandara.

Hal ini demi kelancaran arus mudik pada momen lebaran Idulfitri 2024, dan menghindari penumpukan penumpang di konter check in.

"Seluruh maskapai sudah memiliki fasilitas untuk melakukan check in online. Kalau dilihat di konter hanya 1-2 penumpang yang belum melakukan online check-in atau mungkin tidak punya fasilitas atau hal-hal yang lain mungkin, seperti ada yang hamil atau membawa anak-anak. Selebihnya semua menggunakan online check-in," ujar Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, saat memantau langsung puncak arus mudik, Sabtu (6/4/2024).

Disebutkannya, hampir 95 persen penumpang sudah melakukan online check in pada saat momen lebaran. Sehingga proses check in lebih cepat walaupun ada antrean tapi cepat sekali.

Selain itu, ia juga mengimbau agar para pemudik dapat tiba di bandara dua jam sebelum keberangkatan. "Jadi penumpang sudah tinggal melaporkan dan memasukan barang ke bagasi, karena sudah check in online," ujarnya.

Kemudian, bagi penumpang yang membawa anak-anak juga tidak perlu ikut dalam antrean konter check in, tetapi cukup menunggu di luar antrean agar proses di konter cek in saat memasukkan barang lebih lancar.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam, melayani 118 penerbangan pada H-4 jelang lebaran 2024. Hari ini diperkirakan sekitar 18-19 ribu penumpang melakukan perjalanan mudik melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

"118 penerbangan yang sudah ada, nanti ada penambahan flight lagi. Hari ini kami perkirakan lebih dari 18 ribu kalau kemarin hampir 18-19 ribu," pungkas Pikri Ilham Kurniansyah.

Editor: Gokli