Puncak Arus Mudik, Penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Capai 19 Ribu
Oleh : Aldy
Sabtu | 06-04-2024 | 15:28 WIB
arus-mudik1.jpg
Aktivitas arus mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu (6/4/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari ini memasuki H-4 lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, sesuai perkiraan, merupakan puncak arus mudik lebaran 2024.

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan PT BIB sudah memprediksi puncak arus mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebelumnya, yakini akan terjadi pada hari ini, Sabtu (6/4/2024).

Bahkan hari ini penumpang diperkirakan mencapai 18 hingga 19 ribu penumpang dengan 118 penerbangan dan tambahan penerbangan (ekstra flight) lainnya. "Kami sudah perkirakan,hari ini puncaknya. Ada 8 pesawat Airbus dari Garuda dan Lion yang akan melayani penumpang hari ini, disamping pesawat dari maskapai lainya," ucap Pikri Ilham.

Dijelaskan Pikri, sejak 3 hingga 5 April 2024, jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim mencapai 47.850 penumpang. Jumlah ini naik 21,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk penerbangan sendiri mengalami kenaikan sebesar 35,4 persen dari tahun sebelumnya, yakni 367 flight. Selain itu, jumlah kargo yang ditangani juga meningkat 21,7 persen.

Pikri menyebutkan bahwa, meski ada lonjakan penumpang yang signifikan. Namun, operasional lebaran 2024 berjalan lancar. Hingga kemarin, Jumat, 5 April 2024, ada 18 ribu penumpang yang melalui Bandara Hang Nadim, naik 40 persen dari hari biasa, dengan 137 penerbangan, juga naik 40 persen.

"Terbesar tentu tetap ke Jakarta dan kalau kita lihat Padang juga hari ini padat sekali dan banyak penumpang yang akan kesana," kata Pikri.

Pikri mengapresiasi penggunaan online check-in oleh hampir 95 persen penumpang, yang membantu mempercepat proses check-in meskipun ada antrean. "Sejauh ini masih lancar karena seluruh airlines sudah menerapkan online check in dan hampir 95 persen penumpang telah melakukan online check in sehingga proses check in lebih cepat walau ada antrean tapi cepat sekali, itu yang paling penting," jelas Pikri.

Untuk itu, Pikri mengimbau penumpang untuk melakukan online check-in dan tidak membeli tiket melalui calo. Ia juga menyarankan orang tua, ibu hamil, dan yang membawa anak-anak untuk berkonsultasi dengan maskapai guna mendapatkan layanan yang optimal.

"Dan kepada para penumpang tetap tertib, anak-anak. Kami harapkan setidak-tidaknya dua jam tapi tidak terlalu pagi juga, dua jam cukup untuk siap-siap check in bagasi saja," katanya.

"Kita menyiapkan kursi ya dan menjaga kondisi airport tetap tertib dengan menurunkan petugas-petugas kami dan mengatur penempatannya. Jadi itu yang paling penting dari antrean yang panjang ini," pungkas Pikri Ilham.

Editor: Gokli