Berantas Halinar, UPT Permasyarakatan se-Kota Batam Gelar Apel Siaga
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 06-04-2024 | 12:00 WIB
Apel-Siaga.jpg
Apel Siaga UPT Permasyarakatan se-Kota Batam di Lapas Kelas IIA Batam, Jalan Trans Barelang, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Jumat (5/4/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - UPT Permasyarakatan se-Kota Batam menggelar Apel Siaga 3 + 1 Kunci Permasyarakatan Maju, bersama aparat penegak hukum lainnya, Jumat (5/4/2024).

Apel Siaga ini dipusatkan di Lapas Kelas IIA Batam, Jalan Trans Barelang, Tembesi, Kecamatan Sagulung. Apel ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Permasyarakatan ke-60.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk pengecekan dan kesiapan pegawai pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam.

Selain itu, untuk memastikan kondisi Lapas, LPKA, Rutan, petugas pemasyarakatan, sarana prasarana dan aset-aset yang berada pada UPT Pemasyarakatan tetap dalam keadaan baik, aman dan terkendali, serta kebijakan kegiatan pelayanan pemasyarakatan di saat libur panjang/cuti bersama menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri, dapat terlaksana dengan aman dan tertib.

"Lebih meningkatkan kewaspadaannya melalui hal-hal sebagai berikut, yaitu menambah jumlah personel pengamanan, berkoordinasi dengan APH setempat terkait bantuan pengamanan serta melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban sebagai wujud 3+1 Kunci Sukses Pemasyarakatan, sehingga dapat mewujudkan pemasyarakatan yang semakin pasti dan berakhlak," ungkap I Nyoman.

Kegiatan dilanjutkan dengan razia gabungan di Rutan Batam oleh petugas Rutan, TNI/POLRI serta BNN Kota Batam. Razia ini berfokus pada pencegahan peredaran barang illegal dan upaya pemastian seluruh aktivitas di dalam Rutan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun hasil razia yang dilaksanakan tidak terdapat benda-benda terlarang, seperti handphone dan benda-benda tajam lainnya. Kegiatan apel ini berjalan aman dan tertib.

Editor: Gokli