Hadapi Mudik Lebaran 2024, Bandara Hang Nadim Siapkan 37 Penerbangan Ekstra
Oleh : Aldy
Rabu | 03-04-2024 | 14:44 WIB
Nugroho-Jati.jpg
Direktur Operasional PT BIB, Nugroho Jati, usai peresmian Posko Terpadu mudik lebaran di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (3/4/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam memberikan pelayanan terbaik pada momen mudik lebaran Idulfitri 2024 ini, PT Bandara Internasional Batam (BIB) memberikan 37 ekstra penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB), Nugroho Jati, mengatakan ke-37 penerbangan ekstra tersebut dengan tujuan Batam - Jakarta, Batam - Medan dan Batam - Pekanbaru.

"Ada maskapai Citilink, Super Airjet dan Lion Air sudah melakukan pengajuan ekstra flight, dengan 3 rute terpadat," ucap Nugroho, usai peresmian Posko Terpadu mudik lebaran di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (3/4/2024).

Nugroho menjelaskan, untuk puncak arus mudik diperkirakan pada 6 April 2024 yang mencapai 17.000 penumpang per hari. Dan untuk arus balik diperkirakan tanggal 16 April dengan prediksi 16.000 penumpang.

"Pada momen mudik lebaran tahun diperkirakan mengalami kenaikan hingga 10 persen dari tahun lalu," ungkap Nugroho.

Bandara Hang Nadim Batam tetap siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani masyarakat yang akan mudik lebaran. "Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Tapi kalau untuk kondisi darurat kita standby 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam," kata dia.

Selain itu, Nugroho menambhakan, pihaknya juga tengah bersiap untuk mempersiapkan segala kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan, untuk menghadapi lonjakan penumpang saat mudik lebaran 2024 di Bandara Hang Nadim.

"Kami siagakan posko terpadu untuk mudik lebaran tahun ini, dengan melibatkan 400 personel internal dari berbagai intansi terkait, seperti KKP, BMKG, PLN, aparat keamanan, hingga Basarnas," pungkas Nugroho.

Editor: Gokli