Ini Penjelasan Kakanim Batam Terkait Kerusakan Autogate Pelabuhan Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 13-02-2024 | 16:04 WIB
Kakanim-Batam2.jpg
Kepala Kantor Imigrasi Batam, Samuel Toba. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ramainya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam saat liburan Imlek membuat sistem Autogate Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Internasional Batam Center sempat down atau tidak berfungsi.

Atas insiden tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Batam, Samuel Toba menyampaikan, bahwa aktivasi perangkat Autogate TPI Pelabuhan Batam Center telah efektif sejak bulan Januari lalu.

"Masa liburan kali ini merupakan yang pertama kalinya terjadi setelah pemakaian perangkat Autogate TPI selama kurang lebih sebulan," ucap Samuel Toba, Selasa (13/2/2024).

Dijelaskan Samuel, diperkirakan penyebab terjadinya down pada sistem karena peningkatan jumlah penumpang yang sangat tinggi. Hal ini berpengaruh pada kebutuhan jaringan dan beban server yang semakin meningkat dan dalam waktu yang sangat cepat serta jangka waktu yang lama.

"Saat ini kami telah melakukan perbaikan pada server dan peningkatan sistem jaringan yang lebih baik. Autogate di area keberangkatan telah dapat digunakan kembali kemarin mulai pukul 18.00 WIB," pungkas Samuel Toba.

Editor: Yudha